Abstract:
Konsep promosi saat ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat,
bahkan bagi mereka yang notabene tidak terlibat langsung dengan konsep
tersebut, dengan mudah mereka dapat menjawab apa yang dinamakan promosi
walaupun tidak secara teoritis seperti yang diungkapkan oleh para ahli. Tidak
mengenal seberapa besar sebuah usaha yang melakukan kegiatan promosi, karena
baik sebuah perusahaan dari yang besar sampai yang kecil, semuanya melakukan
kegiatan promosi, secara langsung maupun tidak langsung. Aktivitas promosi
yang dilakukan Mangalo clothing sebelumnya hampir seragam dengan apa yang
diupayakan oleh brand lain yang berada dalam bidang yang sama. Namun upayaupaya
yang telah dilakukan dalam kegiatan promosi Mangalo dianggap kurang
menjangkau dari target market Mangalo sendiri, sehingga pada akhirnya guna
mendukung program-program yang telah dilakukan, Mangalo Clothing membuat
tim Endorsement untuk menjalankan strategi promosi Support Public Figure.
Rumusan yang diangkat adalah bagaimana strategi support public figure sebagai
sarana promosi Mangalo Clothing. Dalam penelitian ini penulis menggunakan
metode deskriptif kuantitatif. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran
yang jelas mengenai bagaimana strategi support public figure yang dilakukan oleh
Mangalo Clothing. Penulis juga melakukan wawancara mendalam dengan orang
yang terlibat langsung dalam kegiatan promosi ini, yakni CEO dan Promotion &
Endorsement Mangalo Clothing. Dari wawancara ini, penulis mendapatkan data
statistik penjualan yang di dalamnya terdapat persentase konsumen target market
dan konsumen bukan target market yang melatar belakangi strategi promosi ini.
Untuk lebih menguasai target market yaitu anak remaja tanggung, Mangalo
melakukan pendekatan internalisasi, identifikasi diri, dan ketundukan dengan
menggunakan public figure untuk mempengaruhi target marketnya. Hasil analisa
memperlihatkan bahwa usia remaja tanggung adalah usia pencarian jati diri
seorang anak sebelum memasuki usia dewasa, termasuk dalam berpakaian. Usia
remaja tanggung adalah usia di mana seorang anak sering menirukan apa yang
dilakukan oleh idolanya, termasuk dalam berpakaian. Usia remaja tanggung
adalah usia di mana seorang anak mudah tunduk terhadap permintaan orang yang
dikaguminya. Strategi support public figure sebagai sarana promosi Mangalo
Clothing merupakan strategi yang tepat melihat karakter target market seperti itu.