Universitas Islam Bandung Repository

Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Praktek Mengkafani Jenazah Dengan Menerapkan Metode Simulasi Peer Teaching ( Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Di Smk Bhakti Kencana Bandung Kelas Xi Jurusan Keperawatan )

Show simple item record

dc.contributor.author Badru, Nur Ayum Sari
dc.date.accessioned 2016-10-15T02:24:04Z
dc.date.available 2016-10-15T02:24:04Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5163
dc.description.abstract Penerapan Metode Simulasi Peer Teaching merupakan keterampilan guru dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa terhadap kemampuan praktek mengkafani jenazah pada materi PAI. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bhakti Kencana Bndung Kelas XI Jurusan Keperawatan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang muncul dilapangan tentang pemahaman dan kemampuan praktek mengkafani jenazah yang masih perlu ditingkatkan secara optimal. Dengan fokus permasalahan pada penelitian ini ialah, bagaimana guru mampu secara optimal menyampaikan materi ajar sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan praktek mengkafani jenazah pada siswa kelas XI jurusan keperawatan. Metode Simulasi Peer Teaching yang diterapakan pada proses pembelajaran materi mengkafani jenazah mampu meningkatkan pemahaman dan kemampuan praktek mengkafani jenazah, serta mampu menumbuhkan sikap aktif, kreatif dan inovatif pada siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu metode kuantitatif karena dianggap dapat memberikan rincian yang komplek tentang fenomena yang ada di lapangan.Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif (Descriptive reseach) rancangan penelitian deskriptif berkaitan dengan pengumpulan data untuk memberikan gambaran atau penegasan suatu konsep atau gejala, juga menjawab pertanyaan-pertanyaan status subyek penelitian. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dan disimpulkan, adapun teknik penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Kegiatan penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bhakti Kencana Bndung Kelas XI Jurusan Keperawatan. Penelitian yang dilaksanakan menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dipandang dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Tujuan pada penelitian ini, ialah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran, untuk meningkatkan aktivitas belajar mengajar dan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran praktek mengkafani jenazah dengan menerapkan metode simulasi peer teaching pada materi PAI di SMK Bhakti Kencana Bandung. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini direncanakan dalam 3 Siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, prlaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Bhakti KencanaBandung jurusan keperawatan dengan jumlah siswa 42 orang yang terdiri dari 38 orang siswa perempuan dan 4 orang siswa laki-laki serta terdapat 2 orang siswa non muslim yang terdiri dari 1 orang siswa perempuan dan 1 orang siswa lakilaki. Data hasil observasi terdiri dari hasil kemampuan guru dalam merancang Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), proses pelaksanaan pembelajaran, kegiatan siswa dan hasil belajar siswa yang digunakan untuk mrngukur keberhasilan dalam pembelajaran materi mengkafani jenazah. Teknik pengelolaan data penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menjelaskan seluruh rangkaian penelitian mulai dari perencanaan sampai tahap refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa tentang materi mengkafani jenazah meningkat melalui penerapan metode simulasi peer teaching. Hal ini terbukti dari perolehan nilai rata-rata siswa yang mengalami peningkatan dari sebelum dilakukan tindakan, saat dilaksanakan tindakan, dan setelah tindakan dilaksankan pada Siklus I, Siklus II dan Siklus III. Nilai prosentase dari hasil belajar siswa pada Siklus I 45,6%, Siklus II 61,53% dan Siklus III 83,34%. Hal ini telah menunjukan bahwa penggunaan Metode Simulasi Peer Teaching berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. en_US
dc.publisher Fakultas TarbiyahUniversitas Islam Bandung (UNISBA) en_US
dc.subject Simulasi Peer Teaching en_US
dc.title Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Praktek Mengkafani Jenazah Dengan Menerapkan Metode Simulasi Peer Teaching ( Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Di Smk Bhakti Kencana Bandung Kelas Xi Jurusan Keperawatan ) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account