Universitas Islam Bandung Repository

Implementasi Kurikulum Khusus Keagamaan Dalam Meningkatkan Imtaq Peserta Didik Di Kelas V SD Mathla’ul Khoeriyah

Show simple item record

dc.contributor.author Nurjanah, Leni
dc.date.accessioned 2016-10-21T07:55:00Z
dc.date.available 2016-10-21T07:55:00Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5188
dc.description.abstract Kurikulum sebagai suatu ide atau gagasan mengandung seperangkat rencana yang dijadikan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum khusus keagamaan adalah kurikulum yang dirancang dan disusun oleh pihak sekolah sebagai bentuk kurikulum desentralistik dimana sekolah diberikan kewenangan untuk menyusun dan melaksanakan kurikulum sekolah dengan mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. SD Mathla’ul Khoeriyah menyusun kurikulum khusus keagamaan yang kemudian diimplementasikan dalam bentuk proses kegiatan pembelajaran. Kurikulum khusus keagamaan diterapkan di SD Mathla’ul Khoeriyah dalam rangka usaha sekolah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik dan agar peserta didik memiliki benteng atau pondasi yang kuat dalam bidang akhlak untuk menghadapi era global yang semakin jauh dengan agama dan akhlak mulia. Maka dari itu, peneliti merasa tertarik untuk dapat meneliti lebih dalam mengenai “Implementasi Kurikulum Khusus Keagamaan Dalam Meningkatkan Imtaq Peserta Didik Di Kelas V SD Mathla’ul Khoeriyah” Tujuan dari penelitian mengenai implementasi kurikulum khusus keagamaan dalam meningkatkan imtaq peserta didik di kelas V SD Mathla’ul Khoeriyah Bandung adalah (1) untuk mengetahui perencanaan. (2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran. (3) untuk mengetahui evaluasi. (4) untuk mengetahui penilaian atau persefsi siswa terhadap pembelajaran dalam implementasi kurikulum khusus keagamaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Populasi dan sampel penelitian adalah 1 orang guru dan 34 orang siswa kelas V. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh hasil penelitian yaitu; (1) Perencanaan yang dilakukan oleh guru berupa penyusunan silabus, RPP dan Program Semester. (2) Pelaksanaan pembelajaran merupakan aktualisasi dari RPP di kelas, yang meliputi kegiatan sebelum pembelajaran atau pra KBM, kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. (3) Evaluasi dilakukan mencakup tiga aspek yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotor dalam bentuk tes formatif dan sumatif yang dilaksanakan selama proses pelaksanaan pembelajaran, akhir pembelajaran dan pengamatan dilingkungan sekolah untuk mengetahui peningkatan prestasi setiap siswa dalam keagamaan dan nilai hasil belajar siswa dalam enam mata pelajaran yang terdapat dalam program kurikulum khusus en_US
dc.publisher Fakultas Tarbiyah Universitas islam Bandung (UNISBA) en_US
dc.subject Kurikulum Khusus Keagamaan en_US
dc.title Implementasi Kurikulum Khusus Keagamaan Dalam Meningkatkan Imtaq Peserta Didik Di Kelas V SD Mathla’ul Khoeriyah en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account