Abstract:
Sekolah Menengah Pertama Terbuka Cibeunying Kidul adalah sekolah yang
didirikan pemerintah untuk anak-anak yang tidak mampu secara ekonomi, jarak
tempuh dan waktu untuk menempuh pendidikan regular. Dalam proses mengajar para
guru menghadapi banyak kendala atau hambatan dari dalam diri juga dari luar seperti
siswa yang memiliki motivasi rendah sehingga sulit diatur dan sulit memahami
pelajaran karena harus membagi waktu antara sekolah dan bekerja, guru juga
dihadapkan pada kurangnya fasilitas disekolah. Kendala tersebut cukup menyita
waktu, tenaga dan harta para guru. Tetapi tidak memutuskan guru berhenti mengajar,
guru tetap bertahan mengajar siswa SMP Terbuka. Para guru berusaha melakukan
yang terbaik untuk siswa-siswi dengan mengorbankan waktu, tenaga dan harta untuk
mengajar siswa-siswi.Hal ini menggambarkan character strength yang dimiliki para
guru. Character strength merupakan karakter yang mengarahkan individu pada
pencapain atau trait positif yang terefleksikan dalam pikiran, perasaan dan tingkah
laku. (park, Peterson & Seligman, 2004). Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif dengan subjek penelitian ini adalah guru SMP Terbuka Cibeunying Kidul
yang berjumlah 17 orang. Alat ukur dalam penelitian ini adalah Values In actioninventory
Scale yang dimodifikasi peneliti sesuai dengan fenomena. Hasil penelitian
menggambarkan bahwa signature strength yang dimiliki guru di SMP Terbuka
Cibeunying Kidul adalah Persistence, Gratitude, Kindness, Forgiveness and Mercy
dan Hope.