dc.description.abstract |
Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan solusi enterprise yang
digunakan untuk mengelola seluruh aset perusahaan dalam sebuah sistem yang
terintegrasi. Penerapan sistem ERP di perusahaan membutuhkan satu sistem
database yang terintegrasi dan sistem database yang mampu mengikuti perubahanperubahan
pada proses bisnis perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk
merancang sistem informasi yang dapat mengintegrasikan seluruh proses pada
sebuah perusahaan yang memproduksi dan menjual kue, Soes Merdeka Bandung,
dengan menerapkan sebuah sistem ERP. Sistem yang akan diterapkan untuk
merancang sistem informasi di "Soes Merdeka" adalah sistem ERP yang khusus
untuk perusahaan kecil dan menengah, SAP Business One. Tahapan yang
dilakukan pada penelitian ini adalah memetakan proses perusahaan, memetakan
proses pada SAP Business One, membandingkan proses pada perusahaan dan
proses pada SAP Business One, menyelaraskan sistem perusahaan dengan sistem
pada SAP Business One, serta melakukan analisis sistem informasi yang
dibutuhkan untuk penerapan Sap Business One pada sistem informasi perusahaan.
Semua pemetaan proses baik untuk proses yang berlaku di perusahaan maupun
untuk proses yang digunakan pada SAP Business One dilakukan dengan
menggunakan Data Flow Diagram (DFD) yang merupakan alat untuk
menggambarkan atau menjelaskan proses kerja suatu sistem. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa secara umum SAP Business One dapat digunakan untuk
sistem informasi di Soes Merdeka dengan beberapa penyesuaian yang harus
dilakukan, seperti penyesuaian beberapa istilah entitas dalam sistem, penyesuaian
beberapa proses, maupun penyesuaian beberapa data yang harus dikumpulkan.
Sistem Informasi yang dirancang untuk Soes Merdeka dengan melakukan
penyelerasan dan penerapan SAP Business One dinilai dapat memperbaiki proses
bisnis pada Soes Merdeka yang pada akhirnya menghasilkan profit lebih tinggi
pada perusahaan. Penelitian lanjutan mengenai bagaimana performansi Soes
Merdeka setelah menerapkan sistem baru yang terintegrasi, analisis biaya dari
penerapan sistem baru, serta perbaikan sistem secara menyeluruh sangat penting
untuk dilakukan sehingga pemanfaatan sistem informasi untuk mendukung
seluruh proses bisnis di perusahaan dapat dilakukan secara optimal. |
en_US |