Abstract:
Salah satu pemanfaatan internet di masyarakat modern adalah penggunaan
media sosial. Selain dapat menghubungkan dengan teman atau kerabat, media
sosial tersebut berguna untuk mencari seputar informasi dan juga sebagai media
baru untuk penyampaian informasi di dalam dunia bisnis. Internet merupakan
bagian dari komunikasi massa, tentunya harus senantiasa memegang nilai-nilai
dalam fungsi komunikasi massa. Fungsi komunikasi massa yaitu, fungsi informasi,
fungsi pendidikan dan fungsi memengaruhi. Fungsi informasi merupakan fungsi
paling penting dalam komunikasi massa. Instagram merupakan media sosial yang
saat ini difavoritkan mayoritas pengguna media sosial. Sekarang instagram tidak
hanya digunakan oleh individu saja tetapi perusahaan juga menggunakan
instagram. Perusahaan menggunakan instagram sebagai tempat penyampaian
informasi yang meliputi produk dan informasi-informasi lainnya. Happy Go Lucky
merupakan concept store pertama di Indonesia yang menampung produk-produk
brand local, khususnya produk-produk untuk perempuan yang memiliki segmentasi
untuk menengah ke atas. Di instagram, informasi yang dilakukan oleh Happy Go
Lucky bermacam-macam mulai dari menyampaikan informasi mengenai produkproduk
terbaru dari Happy Go Lucky, memberi tips dan trik berpenampilan, serta
promo-promo potongan harga yang Happy Go Lucky berikan dan bekerja sama
dengan beberapa provider atau tenant-tenant resto lainnya kepada followersnya.
Penelitian ini berjudul “Hubungan antara Penggunaan Media Sosial
Instagram Concept Store “Happy Go Lucky” dengan Kepuasan Informasi”. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media
sosial instagram Concept Store “Happy Go Lucky” dengan kepuasan informasi
followers mengenai produk, promo serta tips dan trik berpenampilan.
Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Teknik analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan analisis
inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah para followers Concept Store
“Happy Go Lucky”. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100
responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random
Sampling. Teori komunikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Uses
and Grafitication.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan
positif antara penggunaan media sosial instagram Concept Store “Happy Go
Lucky” dengan kepuasan informasi followers dengan nilai koefisien korelasi
sebesar 0,688. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara
penggunaan media sosial instagram Concept Store “Happy Go Lucky” dengan
kepuasan informasi followers.