Abstract:
Emira Apriliyanti, 10080011263. Public Relations, Fakultas Ilmu
Komunikasi, Universitas Islam Bandung. Dr. Hj. Ani Yuningsih, Dra., M.Si.
selaku pembimbing. Penelitian ini berjudul “Hubungan Ideologically or Cause
Oriented Campaign Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat dengan Sikap
Siswa SMK Negeri 4 Bandung”.
Penelitian ini menggunakan Teori Elaboration Likelihood Model (ELM). Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara ideologically or cause
oriented campaign yang dilakukan oleh pihak Badan Narotika Nasional Provinsi
Jawa Barat yang terdiri dari isi pesan dan kredibilitas komunikator dengan sikap
Siswa SMK Negeri 4 Bandung yang terdiri dari aspek kognisi, afeksi, dan
psikomotorik.
Peneliti menggunakan metode korelasional dengan teknik analisis data melalui uji
korelasi Rank Spearman. Sampel diambil menggunakan teknik sampling
Proportionate Stratified Random Sampling (Sampling Berstrata Proporsional).
Teknik pengambilan data yang digunakan berasal dari dua sumber yaitu primer
yang diperoleh melalui angket dengan cara mengumpulkan data 80 responden
yang dikelompokkan menjadi OSIS dan Non OSIS. Sedangkan data sekunder
diperoleh melalui observasi, studi pustaka dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya korelasi yang cukup kuat antara
Ideologically or Cause Oriented Campaign Badan Narkotika Nasional Provinsi
Jawa Barat dengan sikap siswa SMK Negeri 4 Bandung. Isi pesan dan kredibilitas
komunikator memiliki hubungan pada perubahan sikap siswa SMKN 4 Bandung
dalam penyuluhan bahaya narkoba. Hubungan yang terjadi antara isi pesan dan
kredibilitas komunikator pada perubahan sikap siswa, mampu membuktikan
asumsi dari teori Elaboration Likelihood Model (ELM)