Abstract:
SMP PGRI 7 Bandung merupakan sekolah swasta yang di kelola oleh PGRI dengan
status akreditasi A di Kecamatan Buahbatu Bandung. Hampir 60% siswa di SMP X
memiliki prestasi akademik rendah dan melanggar peraturan sekolah, seperti
merokok, bolos sekolah, berkata kasar, membawa kendaraan bermotor serta
membawa minuman keras. Latar belakang sosial-ekonomi dan pendidikan dari orang
tua siswa yang bersekolah di SMP PGRI 7 juga tergolong rendah. Walaupun
demikian, tidak semua siswanya menampilkan perilaku melanggar aturan sekolah
dan memiliki prestasi akademik yang rendah. Ada beberapa siswa berada pada
ranking 5 besar di kelasnya, yang menunjukan perilaku positif, seperti; mengerjakan
tugas tepat waktu, mentaati peraturan sekolah, serta mempertahankan prestasi
akademik dari kelas VII . Berdasarkan hasil wawancara mereka bisa mempertahankan
prestasi akademik karena dukungan dari orang tua sehingga mereka merasa mampu
dan layak untuk mempertahankan prestasi akademik di sekolah. Usaha yang mereka
lakukan agar bisa mempertahankan prestasi akademiknya yaitu, mengerjakan PR
tepat waktu, mengevaluasi niali yang diperoleh, meluangkan waktu untuk diskusi
tugas yang sulit, membaca buku untuk memecahkan persoalan tugas yang sulit. Dari
hasil wawancara mengindikasikan siswa memiliki self esteem dan self regulated
learning yang tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa erat hubungan
antara self esteem dengan self regulated learning pada siswa ranking 5 besar kelas IX
di SMP PGRI 7 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional.
Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan siswa kelas IX ranking 5 besar
sebanyak 25 orang. Alat ukur yang digunakan adalah kuisioner self esteem yang
diturunkan dari teori Christopher J. Mruk (2006) dan alat ukur self regulated learning
yang diturunkan dari teori Zimmerman (1989). Berdasarkan hasil pengolahan data
dengan menggunakan koefisien korelasi Rank Spearman diperoleh Rs= 0,701
menurut tabel Guilford termasuk ke dalam kriteria korelasi tinggi. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang erat antara self esteem dengan self
regulated learning siswa ranking 5 besar kelas IX di SMP X Bandung.