Abstract:
Panti Asuhan Amanah merupakan suatu lembaga yang dapat memberikan
pelayanan kesejahteraan, pelayanan pengganti orang tua/wali anak dalam
memenuhi kebutuhan anak. Dalam mendidik anak remaja panti, pihak panti
menetapka aturan dan disiplin yang harus diikuti oleh anak remaja panti.
Penjelasan mengenai aturan dan disiplin di panti dijelaskan semenjak anak-anak
masuk kedalam lingkungan panti dan dipaparkan di beberapa tempat yang dapat
dibaca oleh anak remaja panti. Setiap anak remaja panti yang tidak mengikuti
setiap aturan dan disiplin di panti akan dikenakan sanksi yaitu berupa teguran dan
point. Namun pada kenyataannya dengan aturan dan disiplin yang jelas serta
setiap sanksi apa yang akan diterima apabila melanggar masih saja terdapat
pelanggaran yang terjadi di panti. Anak remaja panti mengetahui setiap aturan,
disiplin dan sanksi yang akan diterima namun tetap saja masih sering melakukan
perilaku melanggar kedisiplinan di panti yang membuat kegiatan di panti menjadi
tidak optimal. Menurut Averill (1973) menyebutkan self control sebagai personal
control, yaitu variabel psikologis yang sederhana karena di dalamnya tercakup
tiga jenis yang berbeda tentang kemampuan mengontrol diri, yaitu behavior
control, cognitive control, dan decisional control. Tujuan dari penelitian ini
adalah ingin melihat gambaran self control pada anak remaja mengenai
kedisiplinan di panti. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif. Alat
ukur yang digunakan adalah kuisioner self control dari Averill (1973) yang
disusun oleh peneliti dengan jumlah subjek 27 orang. Hasil yang diperoleh bahwa
pada aspek behavior control dan decisional control tergolong rendah dan pada
aspek cognitive control tergolong tinggi.