Product differentiation is one method or way to anticipate the competitive advantage of the company to win the market by providing many choices, both in terms of technology and quality to the customers or products required. Product differentiation changes existing products, tailored to the tastes of the market. If the market tastes change will be met by the company, it will be a positive effect on customer satisfaction. Based on the background of the problem, it is concluded that the First formulation of the problem, how the implementation of the strategy of product differentiation? Second, how is the customer satisfaction on Bank Syariah Mandiri Branch Office Dago? Third, How influence on product differentiation to customer satisfaction at Bank Syariah Mandiri Branch Office Dago? The method used in this research is descriptive analysis and verification, the research used to determine the value of an independent variable, either a variable or more without making a comparison or connection between one variable with another variable. The verification method aims to test truth of a hypothesis or a phenomenon. It is done by collecting data in the field. In this study, the authors use probability-sampling technique in the determination of the sample to the questionnaire on customers of Bank Syariah Mandiri KC Dago. Statistical analysis methods employed descriptive analysis and simple linear regression. Product differentiation has done well in Bank Syariah Mandiri Branch Office Dago. Therefore, it appears that some of the products became the hallmark of the bank. One example of the result of the application of product differentiation is Tabungan Investa Cendekia. Customer satisfaction at Bank Syariah Mandiri Dago Branch Office in 2010-2014 experienced volatile. Based on the research results, the significant effect of product differentiation for tcount is larger than ttable (2,314 & 1.290) on customer satisfaction with a regression coefficient of 0.532 with a coefficient of determination of 5.24%.
Diferensiasi Produk merupakan salah satu metode atau cara mensiasati keunggulan bersaing yang dimiliki perusahaan untuk memenangkan pasar dengan memberikan banyak alternatif pilihan, baik dari segi teknologi maupun kualitas kepada nasabah atau produk yang dibutuhkan. Diferensiasi produk pada dasarnya memberikan perubahan terhadap produk yang ada saat ini, disesuaikan dengan selera pasar. Apabila perubahan akan selera pasar dapat dipenuhi oleh perusahaan, maka akan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan latar belakang masalah, maka disimpulkan rumusan masalah yang Pertama, Bagaimana pelaksanaan strategi diferensiasi produk? Kedua, Bagaimana kepuasan nasabah pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Dago ? dan Ketiga, Bagaimana pengaruh atas diferensiasi produk terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Dago ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dan verifikatif, yaitu penelitian yang digunakan untuk mengetahui nilai variable mandiri, baik satu variabel atau lebih tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan antara variabel satu dengan variabel lain. Sedangkan metode verifikatif bertujuan untukmenguji kebenaran suatu hipotesis atau fenomena yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data dilapangan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan tehnik probability sampling dalam penentuan sampel untuk kuesioner pada nasabah Bank Syariah Mandiri KC Dago. Metode analisis statistik yang digunakan dengan deskriptif analisis dan regresi linier sederhana. Diferensiasi produk telah dilakukan dengan baik di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Dago sehingga muncul beberapa produk yang menjadi ciri khas dari bank tersebut, contoh dari hasil penerapan diferensiasi produk adalah tabungan investa cendekia. Kepuasan nasabah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Dago pada tahun 2010-2014 mengalami fluktuatif. Berdasarkan hasil penelitian diferensiasi produk berpengaruh secara signifikan karena nilai thitung lebih besarttabel (2,314>1,290) terhadap kepuasan nasabah dengan koefisien regresi sebesar 0,532 dengan besarnya koefisien determinasi sebesar 5,24%.