Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Bauran Pemasaran Islami (Islamic Marketing Mix) terhadap Peningkatan Jumlah Muzakki pada RZ Kantor Cabang Bandung Antapani

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Yulyana, Riksa
dc.creator Hidayat, Asep Ramdan
dc.creator Tresnati, Ratih
dc.date 2016-08-09
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/3520
dc.description Abstract.Islamic Marketing Mix is the tools that consists of product, cost, location, promotion, human resource, process, and physical evidence used by RZ Bandung-Antapani Branch Office whose purpose is to increase the amountof Muzakki and compete with its competitors. However, after conducting pre-survey, there is lowering in the development of Muzakki amount in the last three-years. Meanwhile, the research questions in this study are: how is the implementation of Islamic Marketing Mix in RZ Bandung-Antapani Branch Office?, how is the development of Muzakki amount in RZ Bandung-Antapani Branch Office? how is the effort on the enhancement of Muzakki amount in RZ Bandung-Antapani Branch Office? how much influence of Islamic Marketing Mix towards the enhancement of Muzakki amount in RZ Bandung-Antapani Branch Office is?. The method employed in this research is analysis descriptive. The technique of data collection conducted in this study is multiple regressions in order to know how much influence of Islamic Marketing Mix towards the enhancement of Muzakki amount in RZ Bandung-Antapani Branch Office. The result of this study shows that the implementation of Islamic Marketing Mix conducted in RZ Bandung-Antapani Branch Office that suits Sharia principles, has lowering ofMuzakkiamount in the last three-years. The effort in enhancing the amount of Muzakki is by optimizing promotion tool that is used and having collaboration with the other corporations. The result of test research of F α = 0.10 is obtainedAsym. Sig = 0.000. It shows thatAsym.(Sig.) <0.10, so H0 is rejected. The result of the test reveals that Islamic Marketing Mix significantly influences the enhancement of Muzakki amount in RZ Bandung-Antapani Branch Office. Abstrak.Bauran pemasaran Islami merupakan tools yang terdiri dari produk, harga, lokasi, promosi, SDM, proses dan sarana fisik yang digunakan RZ Kantor Cabang Bandung-Antapani dengan tujuan meningkatkan jumlah Muzakki dan bersaing dengan kompetitornya. Namun fakta dilapangan setelah dilakukan pra-survey bahwa terjadi penurunan pada perkembangan jumlah Muzakki dalam kurun tiga tahun terakhir. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaiamana pelaksanaan bauran pemasaran Islami pada RZ Kantor Cabang Bandung-Antapani, bagaimana perkembangan jumlah Muzakki pada RZ Kantor Cabang Bandung-Antapani, bagaimana upaya peningkatan jumlah Muzakki pada RZ Kantor Cabang Bandung-Antapani, Seberapa besar pengaruh bauran pemasaran Islami terhadap peningkatan jumlah Muzakki pada RZ Kantor Cabang Bandung-Antapani.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan regresi berganda, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran Islami terhadap peningkatan jumlah Muzakki pada RZ Kantor Cabang Bandung-Antapani.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pelaksanaan bauran pemasaran Islami yang dilaksanakan RZ Kantor Cabang Bandung-Antapani telah sesuai dengan prinsip syariah, terjadi penurunan jumlah Muzakki dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, upaya peningkatan jumlah Muzakki dengan mengoptimalkan alat promosi yang digunakan serta menjalin kerjasama dengan corporate lainnya. Dengan hasil penelitian uji F α = 0.10 diperoleh Asym. Sig = 0.000 , menunjukkan bahwa Asym.(Sig.) < 0.10 ,maka H0 ditolak. Hasil pengujian menunjukkan bahwa bauran pemasaran Islami mempengaruhi secara signifikan peningkatan jumlah Muzakki pada RZ Kantor Cabang Bandung-Antapani.
dc.description Bauran pemasaran Islami merupakan tools yang terdiri dari produk, harga, lokasi, promosi, SDM, proses dan sarana fisik yang digunakan RZ Kantor Cabang Bandung-Antapani dengan tujuan meningkatkan jumlah Muzakki dan bersaing dengan kompetitornya. Namun fakta dilapangan setelah dilakukan pra-survey bahwa terjadi penurunan pada perkembangan jumlah Muzakki dalam kurun tiga tahun terakhir. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaiamana pelaksanaan bauran pemasaran Islami pada RZ Kantor Cabang Bandung-Antapani, bagaimana perkembangan jumlah Muzakki pada RZ Kantor Cabang Bandung-Antapani, bagaimana upaya peningkatan jumlah Muzakki pada RZ Kantor Cabang Bandung-Antapani, Seberapa besar pengaruh bauran pemasaran Islami terhadap peningkatan jumlah Muzakki pada RZ Kantor Cabang Bandung-Antapani.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan regresi berganda, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran Islami terhadap peningkatan jumlah Muzakki pada RZ Kantor Cabang Bandung-Antapani.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pelaksanaan bauran pemasaran Islami yang dilaksanakan RZ Kantor Cabang Bandung-Antapani telah sesuai dengan prinsip syariah, terjadi penurunan jumlah Muzakki dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, upaya peningkatan jumlah Muzakki dengan mengoptimalkan alat promosi yang digunakan serta menjalin kerjasama dengan corporate lainnya. Dengan hasil penelitian uji F α = 0.10 diperoleh Asym. Sig = 0.000 , menunjukkan bahwa Asym.(Sig.) < 0.10 ,maka H0 ditolak. Hasil pengujian menunjukkan bahwa bauran pemasaran Islami mempengaruhi secara signifikan peningkatan jumlah Muzakki pada RZ Kantor Cabang Bandung-Antapani.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/3520/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Proceedings of Finance & Islamic Banking
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 2, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2016); 725-731
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 2, No 2, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Agustus, 2016); 725-731
dc.source 2460-2159
dc.subject Proceedings of Financial Institutions & Syariah Banking
dc.subject Islamic Marketing Mix, the Enhancement of Muzakki Amount.
dc.subject Keuangan & Perbankan Syariah
dc.subject Bauran Pemasaran Islami, Peningkatan Jumlah Muzakki
dc.title Pengaruh Bauran Pemasaran Islami (Islamic Marketing Mix) terhadap Peningkatan Jumlah Muzakki pada RZ Kantor Cabang Bandung Antapani
dc.title Pengaruh Bauran Pemasaran Islami (Islamic Marketing Mix) terhadap Peningkatan Jumlah Muzakki pada RZ Kantor Cabang Bandung Antapani
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Quantitative
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account