Universitas Islam Bandung Repository

ABSTRAK TINJAUAN PELAKSANAAN MUSAQAH MENURUT IMAM SYAFI’I (PELAKSANAAN AKAD MUSAQAH PADA KOPERASI KOPI MALABAR INDONESIA DI DESA MARGA MULYA KECAMATAN PANGALENGAN)

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Syariah
dc.creator Rahmat, Dian Nurdiani
dc.creator Nurhasanah, Neneng
dc.creator Malik, Zaini Abdul
dc.date 2015-08-11
dc.date.accessioned 2016-12-05T09:57:10Z
dc.date.available 2016-12-05T09:57:10Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1798
dc.identifier.uri http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1798
dc.description ABSTRAKSI    TINJAUAN PELAKSANAAN MUSAQAH MENURUT IMAM SYAFI’I (Pelaksanaan Akad Musaqah pada Koperasi Kopi Malabar Indonesia di Desa Marga Mulya Kecamatan Pangalengan) DIAN NURDIANI RAHMAT : 10010210131. Kata Kunci : Tanah Produktif, Musaqah, dan Koperasi.   Pelaksanaan akad kerjasama dalam bentuk musaqah antara pihak Koperasi Malabar dengan para buruh pekerja/pemetik kopi berjalan dengan baik dalam hal perhitungan serta pembagian bagi hasil penjualan dari panen kopi. Akan tetapi, aturan yang bersifat mengikat apabila terjadi hal-hal yang tak terduga seperti gagal panen , penjualan yang tidak maksimal dan sebagainya yang berujung pada kerugian, belum ada. Penyelesaian masalah terkesan hanya mengedepankan kekeluargaan tanpa adanya aturan hukum yang pasti. Selain tidak dilakukan melalui perjanjian tertulis antara pihak koperasi dan buruh perkebunan terkait akad musaqah tersebut. Dampak atau resiko dari pengelolaan perkebunan kopi itu juga tidak digambarkan secara detail dan jelas. Fenomena tersebut menarik untuk dikaji menurut tinjauan konsep musaqah menurut Imam Syafi’i, karena Imam Syafi’i merupakan salah satu ulama besar dalam bidang fiqih. Berdasarkan latar belakang diatas, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan akad dan dampak hukum dari musaqah menurut Imam Syafi’i, pelaksanaan akad musaqah di Koperasi Kopi Malabar Indonesia Kecamatan Pangalengan, dan analisis pelaksanaan akad musaqah menurut Imam Syafi’i pada pelaksanaan akad musaqah di Koperasi Kopi Malabar Indonesia Kecamatan Pangalengan. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif analitis dengan meneliti pelaksanaan akad musaqah dalam pengelolaan perkebunan kopi di Koperasi Malabar Indonesia di Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung menurut Imam Syafi’i. Pelaksanaan akad musaqah menurut Imam Syafi’i dilakukan antara pemilik lahan dengan petani penggarap. Dalam akad tersebut tidak dipermasalahkan tertulis ataupun tidak tertulis, yang penting tujuannya adalah kemaslahatan untuk kedua belah pihak dan lahan menjadi produktif. Adapun dampak hukum dari akad musaqah yaitu pemilik tanah menyerahkan alat, benih, dan hewan (alat) kepada yang hendak menanaminya dengan suatu ketentuan petani penggarap akan mendapatkan hasil yang telah disepakati kedua belah pihak. Pelaksanaan akad musaqah di Koperasi Kopi Malabar Indonesia Kecamatan Pangalengan merupakan akad perjanjian bagi hasil sistem bagi hasil pada pohon kopi yang dilakukan secara lisan antara pihak Koperasi Kopi Malabar Indonesia dan petani penggarap. Alat dan benih disediakan oleh Koperasi Kopi Malabar Indonesia. Analisis pelaksanaan akad musaqah di Koperasi Kopi Malabar Indonesia Kecamatan Pangalengan sudah sesuai dengan pendapat Imam Syafi’i.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Proceedings of Finance & Islamic Banking
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1798/pdf
dc.source Proceedings of Finance & Islamic Banking; Vol 1, No 2, Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah (Agustus 2015); 542-548
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 1, No 2, Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah (Agustus 2015); 542-548
dc.source 2460-2159
dc.subject Perbankan Syariah
dc.subject Tanah Produktif, Musaqah, dan Koperasi
dc.title ABSTRAK TINJAUAN PELAKSANAAN MUSAQAH MENURUT IMAM SYAFI’I (PELAKSANAAN AKAD MUSAQAH PADA KOPERASI KOPI MALABAR INDONESIA DI DESA MARGA MULYA KECAMATAN PANGALENGAN)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Artikel yang dipeer-review
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account