Universitas Islam Bandung Repository

ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KARAKTERISTIK PEMASARAN SYARIAH (STUDI KASUS PELANGGAN BUNKER RABBANI BANDUNG RAYA)

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Syariah
dc.creator Perwitasari, Mia Ratu
dc.creator Nurhasanah, Neneng
dc.creator Julia, Aan
dc.date 2015-08-08
dc.date.accessioned 2016-12-05T09:57:12Z
dc.date.available 2016-12-05T09:57:12Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1020
dc.identifier.uri http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1020
dc.description Karakteristik pemasaran syariah sangat penting dijalankan oleh perusahaan yang berbasis syariah, maka Rabbani sebagai salah satu perusahaan yang menggunakan brand islami, dan selalu membanggakan brand dan produk islaminya dalam setiap promosi, seharusnya Rabbani menerapkan pemasaran syariah. Dalam kenyataannya sering terjadi kekecewaan para pelanggan, berupa pelayanan yang diberikan oleh karyawan yang lebih melayani pelanggan yang berbelanja banyak dibandingkan pelanggan yang berbelanja sedikit. Hal ini bertentangan dengan karakteristik Humanistik dalam pemasaran syariah, yaitu tidak membeda-bedakan pelanggan dengan menghiraukan ras, warna kulit, kebangsaan, dan status. Berdasarkan latar belakang masalah, maka disimpulkan rumusan masalah yang pertama, Bagaimanakah karakteristik pemasaran syariah yang diterapkan pada Bunker Rabbani Bandung Raya , dan yang kedua, Bagaimanakah analisis kepuasan pelanggan terhadap karakteristik pemasaran syariah Bunker Rabbani Bandung Raya. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui karakteristik pemasaran syariah yang diterapkan pada Bunker Rabbani Bandung Raya , dan yang kedua, Untuk mengetahui analisis kepuasan pelanggan terhadap karakteristik pemasaran syariah Bunker Rabbani Bandung Raya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui Dokumentasi, Angket, dan Observasi. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling yaitu memilih sampel dari orang atau unit yang paling mudah dijumpai atau diakses. Karakteristik pemasaran syariah di Rabbani mengacu kepada manfaat, kebutuhan konsumen, dan kepuasan pelanggan. Secara detail karakteristik pemasaran yang diterapkan di Bunker Rabbani Bandung dapat diuraikan sebagai : membangun visi bisnis spiritual, memiliki kepribadian spiritual, membangun customer partnership dan membangun profesionalisme, membangun kepercayaan, memberikan pelayanan terbaik, menjual produk berkualitas, dan berpromosi secara simpatik. Hasil kuesioner, dokoumentasi, dan observasi langsung menunjukkan bahwa karakteristik pemasaran syariah yang dilakukan oleh Rabbani Bandung telah dapat dirasakan oleh sebagian besar pelanggan, sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan Rabbani Bandung.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Proceedings of Finance & Islamic Banking
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1020/pdf
dc.source Proceedings of Finance & Islamic Banking; Vol 1, No 2, Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah (Agustus 2015); 36-43
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 1, No 2, Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah (Agustus 2015); 36-43
dc.source 2460-2159
dc.subject Perbankan Syariah
dc.subject Pemasaran, Pemasaran Syariah, Kepuasan Pelanggan
dc.title ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KARAKTERISTIK PEMASARAN SYARIAH (STUDI KASUS PELANGGAN BUNKER RABBANI BANDUNG RAYA)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Artikel yang dipeer-review
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account