Universitas Islam Bandung Repository

ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN NASABAH KARTU KREDIT KONVENSIONAL DAN SYARIAH (Studipada BNICabangGaneshadanBNI SyariahCabangBuahBatuBandung)

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator suwari, rian suwari
dc.date 2015-02-12
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/888
dc.description Kata Kunci: KepuasanNasabah, KartuKreditKonvensionaldanSyariah Perkembanganpenggunaankartukreditterjadidengancepatkarenaadabanyakkemudahan yang diperolehdaripenggunaankartukredit.Kartukreditdinilailebihefektifdanefisiendibandingkandenganalatpembayaranlain, sehinggalebihdikenal pula di tengahmasyarakat. Saatinitidakhanya bank konvensionalsaja yang menerbitkankartukredit, bank syariah pun mengeluarkanprodukSyariah Card. Jikadilihatdarisegipersamaanmaupunperbedaanataukeunggulanmaupunkelemahan, kartukreditkonvensionaldanHasanah Cardjelaslahberbeda. Hal itudapatberpengaruhterhadapjumlahdantingkatkepuasannasabahpenggunakartukredititusendiri.Olehkarenaitu, tujuanpenelitianadalahuntukmengetahuitiga (3) tujuan, yaituuntukmengetahui: (1) tingkatkepuasannasabahkartukredit BNI Kantor CabangGanesha, (2) tingkatkepuasannasabahHasanah CardBNI SyariahCabangBuahBatu, (3) perbandingantingkatkepuasannasabahkartukreditkonvensionaldansyariah. Metodepenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodedeskriptifverifikatif.Teknikpengumpulan data yang dilakukanmelaluikuesioner yang disebarkankepadanasabahkartukredit BNI cabangGaneshamaupun BNI cabangBuahBatu, wawancaradenganpihak bank danstudipustaka.Analisis data dilakukandengananalisisstatistikdeskriptifdananalisisstatistikpengujianhipotesismenggunakanrank spearmandenganaplikasiStatistical Product and Service Solution (SPSS) 20.00 for windowsuntukmengetahuitingkatkepuasanmasing-masing bank sertaanalisisperbandingantingkatkepuasandarikedua bank tersebut. Hasilpenelitianmenunjukanbahwa (1) tingkatkepuasannasabahpenggunakartukreditkonvensional BNI CabangGaneshaberadapadaklasifikasi yang baik/tinggidenganskor 3,71, (2) tingkatkepuasannasabahpenggunaHasanah Card BNI SyariahCabangBuahBatuberadapadaklasifikasi yang baik/tinggidenganskor 3,88, (3)Hasilnyasignifikansi 0,052 > 0,05, maka   diterima, artinyatidakterdapatperbedaantingkatkepuasannasabahpenggunakartukreditkonvensional BNI cabangGaneshadenganHasanah Card BNI SyariahcabangBuahBatu.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/888/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/downloadSuppFile/888/101
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/downloadSuppFile/888/102
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 1, No 1, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Februari, 2015); 201-205
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 1, No 1, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Februari, 2015); 201-205
dc.source 2460-2159
dc.subject
dc.subject
dc.title ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN NASABAH KARTU KREDIT KONVENSIONAL DAN SYARIAH (Studipada BNICabangGaneshadanBNI SyariahCabangBuahBatuBandung)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account