Universitas Islam Bandung Repository

PENGARUH PEMASARAN JEMPUT MASLAHAH TERHADAP PENDAPATAN MUDHARABAH DI BANK BJB SYARIAH BANDUNG

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Syariah
dc.creator Zuliansyah, Mochamad Ryan
dc.creator Hidayat, Asep Ramdan
dc.creator Nurdin, Nurdin
dc.date 2015-08-09
dc.date.accessioned 2016-12-05T09:57:23Z
dc.date.available 2016-12-05T09:57:23Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1124
dc.identifier.uri http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1124
dc.description Pemasaran Jemput Maslahah di BJB Syariah dimulai tahun 2013, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Yang dimaksud dengan Layanan Jemput iB Maslahah adalah suatu bentuk layanan yang diberikan oleh Bank BJB Syariah untuk memenuhi kebutuhan calon nasabah dengan cara mendatangi langsung tempat calon nasabah. Pemasaran Jemput Maslahah seharusnya dapat meningkatkan Pendapatan Mudharabah akan tetapi, yang terjadi di lapangan layanan ini belum mampu meningkatkan Pendapatan Mudharabah bahkan ada produk lain yang peningkatannya lebih tinggi daripada layanan jemput maslahah. Rumusan masalah ini adalah Bagaimana pemasaran layanan jemput maslahah, Bagaimana perkembangan pendapatan mudharabah dan Bagaimana pengaruh pemasaran jemput maslahah terhadap pendapatan mudharbah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  pemasaran  layanan jemput maslahah, perkembangan pendapatan mudharabah dan pengaruh pemasaran jemput maslahah terhadap pendapatan mudharabah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dan asosiasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, kepustakaan dan wawancara. Data diperoleh melalui laporan keuangan  periode Maret 2013 sampai dengan periode April 2015. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis regresi, uji t, kolerasi pearson dan determinasi. Berdasarkan  hasil perhitungan data dengan menggunakan analisis regresi sederhana, koefisien kolerasi pearson, determinasi dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS versi 20.0, diperoleh persamaan regresi sederhana adalah Y18,583-0,358X dengan koefisien kolerasi (r) sebesar -0,075, menunjukan bahwa kolerasi antara pemasaran jemput maslahah terhadap pendapatan mudharabah mempunyai hubungan yang lemah. Nilai koefisien determinasi sebesar 5,62 ≈ 5,6 %. Hal ini menunjukan bahwa pengaruh tersebut sangat rendah atau lemah. Besarnya pengaruh pemasaran terhadap pendapatan mudharabah sebesar 5,6% dan sisanya sebesar  94,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Hasil pengolahan data dengan Uji t diperoleh sebesar 0,369 dengan menggunakan tingkat signifikasi α = 5%, maka pada t tabel menunjukan 1,711, sehingga nilai 0,369 berada di daerah penolakan. Berdasarkann data tersebut maka 0,369 < 1,711 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak. Berarti tidak terdapat pengaruh antara pemasaran jemput maslahah terhadap pendapatan mudharabah.      
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Proceedings of Finance & Islamic Banking
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1124/pdf
dc.source Proceedings of Finance & Islamic Banking; Vol 1, No 2, Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah (Agustus 2015); 228-235
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 1, No 2, Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah (Agustus 2015); 228-235
dc.source 2460-2159
dc.subject Perbankan Syariah
dc.subject Pemasaran jemput maslahah, Pendapatan mudharabah, Pengaruh
dc.title PENGARUH PEMASARAN JEMPUT MASLAHAH TERHADAP PENDAPATAN MUDHARABAH DI BANK BJB SYARIAH BANDUNG
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Artikel yang dipeer-review
dc.type Deskriptif analisis dan asosiasi.


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account