Universitas Islam Bandung Repository

PENGARUH PELAYANAN PRIMA (SERVICE OF EXCELLENCE) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (SURVEY NASABAH BANK DANAMON SYARIAH KCP PUNGKUR BANDUNG)

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Syariah
dc.creator Aprisya, Rizky
dc.creator Fauziah, Eva
dc.creator Tresnati, Ratih
dc.date 2015-08-10
dc.date.accessioned 2016-12-05T09:57:23Z
dc.date.available 2016-12-05T09:57:23Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1207
dc.identifier.uri http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1207
dc.description Industri perbankan syariah di Indonesia secara konsisten telah menunjukkan perkembangan dan mampu bersaing dengan baik. Persaingan yang dialami bukan hanya pada harga, bagihasil atau produk, melainkan lebih menekankan kepada hal pelayanan yang prima. Pelayanan prima yang dilakukan bank syariah menggabungkan aspek moral dan aspek bisnis yang harus mengintregritaskan nilai-nilai moral dan tindakan-tindakan berdasarkan prinsip syariah. Salah satu bank syariah di Indonesia yang menerapkan  pelaksanaanpelayanan prima adalah Bank DanamonSyariah. Walaupun Bank Danamon Syariah KCP Pungkur Bandung  telah menerapkan pelaksanaan pelayanan prima namun dari hasil survey masih ada nasabah yang belum mencapai kepuasannya, seperti sering terjadinya antrian nasabah, waktu pelayanan yang tidak sesuai Standar Oprtating Procedure (SOP), kurang ramahnya karyawan saat melayani nasabah, dan lapangan parkir yang kurang memadai. Berdasarkan latarbelakang penelitian di atas, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelayanan prima di Bank Danamon Syariah KCP Pungkur Bandung, tanggapan nasabah tentang pelaksanaan pelayanan prima di Bank Danamon Syariah KCP Pungkur Bandung, tingkat kepuasan pelanggan (nasabah) Bank Danamon Syariah KCP Pungkur Bandung, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan pelanggan (nasabah) Bank Danamon Syariah KCP Pungkur Bandung.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah verifikatif,yang bertujuan untuk menguji hipotesis dengan cara pengumpulan data, pengolahan data dan analisis secara kuantitatif yang akhirnya menarik kesimpulan berdasar hasil pengolah data. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah survey, yaitu studi yang bersifat kuantitatif yang digunakan untuk meneliti gejala suatu kelompok atau prilaku individu. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Subjek dalam penelitian ini adalah 70 nasabah Bank Danamon Syariah KCP Pungkur Bandung dengan teknik pengumpulan sampel Convenience Sampling.Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pelayanan prima di Bank Danamon Syariah KCP Pungkur Bandung telah menggunakan A6 dimensi pelayanan prima. Pelaksanaan pelayanan prima berada pada kategori baik. Tingkat kepuasan pelanggan (nasabah) sebesar 71,7% berada pada kategori baik. Hasil perhitungan koefisien regresi bernilai positif yang menunjukkan adanya pengaruh yang searah sebesar 41,5%. Koefisien korelasi sebesar 0,644 dengan tingkat hubungan yang kuat antara pelayanan prima terhadap kepuasan pelanggan. Uji hipotesis bahwa H1diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pelayanan prima terhadap kepuasan pelanggan.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Proceedings of Finance & Islamic Banking
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1207/pdf
dc.source Proceedings of Finance & Islamic Banking; Vol 1, No 2, Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah (Agustus 2015); 389-396
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 1, No 2, Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah (Agustus 2015); 389-396
dc.source 2460-2159
dc.subject Perbankan Syariah
dc.subject Pelayanan Prima, Service of Excellence, KepuasanPelanggan
dc.title PENGARUH PELAYANAN PRIMA (SERVICE OF EXCELLENCE) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (SURVEY NASABAH BANK DANAMON SYARIAH KCP PUNGKUR BANDUNG)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Artikel yang dipeer-review
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account