Universitas Islam Bandung Repository

PENGARUH BAURAN PROMOSI YANG ISLAMI TERHADAP PENINGKATAN PENGHIMPUNAN DANA WAKAF DI PUSAT PENGEMBANGAN WAKAF DAARUT TAUHIID

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Jannah, Ghina Roudhotul
dc.creator Fauziah, N. Eva
dc.creator Tresnati, Ratih
dc.date 2015-02-08
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/760
dc.description Lembaga wakaf memerlukan lebih dari sekadar mengembangkan produk yang baik, menetapkan harga yang menarik, dan membuat produk itu mudah diakses oleh pelanggan sasaran, tetapi juga harus berkomunikasi dengan stakeholder, orang yang potensial memberi wakaf, dan masyarakat umum. Peningkatan penghimpunan dana wakaf dipengaruhi oleh bauran promosi yang dilakukan. Hal ini didasari oleh pendapat pakar yang menyimpulkan bahwa biaya promosi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap penghimpunan dana wakaf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran promosi yang dilaksanakan, program penghimpunan, dan besaran pengaruh bauran promosi yang Islami terhadap peningkatan penghimpunan dana wakaf di Pusbang Wakaf DT. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode verivikatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, pedoman wawancara, dan studi kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan metode kuantitatif, serta mencari pengaruh antar variabel menggunakan metode analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan bauran promosi dan program penghimpunan dana belum efektif. Hal ini terlihat dari Pusbang Wakaf DT yang belum mengunakan semua alat promosi, anggaran biaya promosi yang masih bersisa, dan belum berhasilnya mencapai target penghimpunan dana wakaf yang ditetapkan. Besaran pengaruh bauran promosi yang Islami terhadap peningkatan penghimpunan dana wakaf di Pusbang Wakaf DT sangat kuat.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/760/pdf
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 1, No 1, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Februari, 2015); 145-150
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 1, No 1, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Februari, 2015); 145-150
dc.source 2460-2159
dc.subject
dc.subject Bauran Promosi, Penghimpunan Dana
dc.title PENGARUH BAURAN PROMOSI YANG ISLAMI TERHADAP PENINGKATAN PENGHIMPUNAN DANA WAKAF DI PUSAT PENGEMBANGAN WAKAF DAARUT TAUHIID
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account