Universitas Islam Bandung Repository

TINJAUAN NILAI-NILAI ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PEMASARAN PRODUK KOSMETIK MUSLIMAH ZOYA DI PT ZOYA FASHION INDUSTRY CABANG BANDUNG

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Syariah
dc.creator Yusra, Bunga Chaira
dc.creator Hidayat, Asep Ramdan
dc.creator Nurhasanah, Neneng
dc.date 2015-08-08
dc.date.accessioned 2016-12-05T09:57:24Z
dc.date.available 2016-12-05T09:57:24Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1049
dc.identifier.uri http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1049
dc.description Salah satu perusahaan yang memproduksi alat kecantikan dan memiliki segementasi khusus yaitu alat kosmetik bagi muslimah adalah PT Zoya Fashion Industry. Pengembangan dan pemasaran produk alat kecantikan atau kosmetika Muslimah di PT Zoya Fashion Industry Cabang Bandung saat ini memiliki kendala yang salah satunya adalah keterbatasan pemahaman mengenai nilai-nilai pemasaran produk berdasarkan etika bisnis yang bernafaskan Islam. Nilai-nilai etika bisnis yang sesuai dengan ajaran Islam perlu diterapkan secara maksimal, sehingga berimplikasi pada penambahan nilai lebih dari produk-produk Zoya itu sendiri. Di satu sisi potensi pangsa pasar dari produk kecantikan Zoya adalah umat muslim dan muslimah secara khusus sangat besar. Hal ini tentu saja menjadi peluang bagi PT Zoya Fashion Industry untuk meningkatkan penjulan produknya terutama produk Kosmetika Muslimah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pemasaran menurut nilai-nilai etika bisnis Islam, implementasi kegiatan pemasaran produk Kosmetika Muslimah Zoya yang diterapkan di PT Zoya Industry Cabang Bandung, dan tinjauan nilai-nilai etika bisnis Islam terhadap pelaksanaan program pemasaran produk Kosmetik Muslimah Zoya di PT Zoya Fashion Industry Cabang Bandung. Metode penelitian yang digunakan disini adalah kualitatif deskriptif meneliti pelaksanaan program pemasaran produk Kosmetik Muslimah Zoya di PT Zoya Fashion Industry Cabang Bandung ditinjau dari perspektif nilai-nilai etika bisnis Islam. Tehnik penelitian menggunakan pendekatan kualitatif meninjau sejauh mana kesesuaian pemasaran produk Kosmetik Muslimah Zoya di PT Zoya Fashion Industry Cabang Bandung dengan nilai-nilai etika bisnis Islam. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep pemasaran menurut nilai-nilai etika bisnis Islam berlandaskan pada prinsip keadilan,antarodhin, atta’awun. Implementasi pemasaran produk kosmetik PT.Zoya menerapkan strategi bauran pemasaran terpadu yang sesuai dengan nilai-nilai keadilan, antarodhin,atta’awun. Kegiatan pemasaran produk Kosmetik PT.Zoya telah sesuai dengan nilai-nilai etika bisnis Islam. Hal ini terlihat dari nilai-nilai etika bisnis yang dilakukan di PT.Zoya yang tidak mementingkan pihak perusahaan saja tetapi juga mementingkan kepentingan konsumen. 
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Proceedings of Finance & Islamic Banking
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1049/pdf
dc.source Proceedings of Finance & Islamic Banking; Vol 1, No 2, Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah (Agustus 2015); 90-97
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 1, No 2, Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah (Agustus 2015); 90-97
dc.source 2460-2159
dc.subject Perbankan Syariah
dc.subject Etika, Bisnis, Kosmetika, dan Muslimah
dc.title TINJAUAN NILAI-NILAI ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PEMASARAN PRODUK KOSMETIK MUSLIMAH ZOYA DI PT ZOYA FASHION INDUSTRY CABANG BANDUNG
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Artikel yang dipeer-review
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account