Universitas Islam Bandung Repository

ANALISIS EFISIENSI PEMBIAYAAN WARUNG MIKRO DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS DI BANK SYARIAH MANDIRI KONSOLIDASI BANDUNG KOPO)

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Syariah
dc.creator Yani, Selpi
dc.creator Fauziah, N. Eva
dc.creator Setyawan, Susilo
dc.date 2015-08-11
dc.date.accessioned 2016-12-05T09:57:28Z
dc.date.available 2016-12-05T09:57:28Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1581
dc.identifier.uri http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1581
dc.description Bank Syariah Mandiri adalah salah satu perbankan yang fokus pada pengembangan sektor UMKM dan pembiayaan warung mikro.  Dari awal hingga sekarang bank ini fokus pada penyaluran pembiayaan di sektor mikro sehingga lebih dari 70% perputaran usahanya berada di pembiayaan mikro. Efisiensi adalah cara untuk mengetahui kinerja unit bisnis termasuk perbankan. Cara menghitung efisiensi suatu perusahaan adalah dengan membandingkan input yang digunakan dan output yang dihasilkan oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat efisiensi yang dihasilkan oleh Bank Syariah Mandiri serta langkah-langkah apa yang harus ditempuh oleh Bank Syariah Mandiri untuk mencapai kondisi efisien. Penelitian ini menggunakan Data Envelopment Analysis (DEA). Data Envelopment Analysis (DEA) adalah metodologi yang digunakan untuk mengevaluasi efisiensi dari suatu unit pengambil keputusan (UPK). Secara sederhana pengukuran dinyatakan dengan rasio output/rasio input. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 7 UPK yang mencapai efisiensi maksimal dan 2 UPK yang belum mencapai efisiensi maksimal atau kondisi increasing. Cabang dengan kondisi efisiensi maksimal adalah Bandung Kopo serta yang belum maksimal Bandung Braga dan Bandung Moh.Toha. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar dapat mencapai kondisi efisiensi maksimal, yaitu : penurunan nilai APYD, pengontrolan biaya operasional,penurunan cost of fund, pengontrolan biaya promosi, dan pengontrolan net profit warung mikro.  
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Proceedings of Finance & Islamic Banking
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1581/pdf
dc.source Proceedings of Finance & Islamic Banking; Vol 1, No 2, Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah (Agustus 2015); 499-505
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 1, No 2, Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah (Agustus 2015); 499-505
dc.source 2460-2159
dc.subject Perbankan Syariah
dc.subject Pembiayaan Warung Mikro, Efisiensi, Data Envelopment Analysis (DEA)
dc.title ANALISIS EFISIENSI PEMBIAYAAN WARUNG MIKRO DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS DI BANK SYARIAH MANDIRI KONSOLIDASI BANDUNG KOPO)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Artikel yang dipeer-review
dc.type DEA


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account