Universitas Islam Bandung Repository

PENGARUH KUALITAS MANAJEMEN KOMPLAIN TERHADAP KINERJA PELAYANAN ( STUDI KASUS PADA NASABAH DI BANK BJB SYARIAH KCP KARAWANG)

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Syariah
dc.creator Komala, Anita Ratna
dc.creator Hidayat, Asep Ramdan
dc.creator Suwarsi, Sri
dc.date 2015-08-09
dc.date.accessioned 2016-12-05T09:57:30Z
dc.date.available 2016-12-05T09:57:30Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1139
dc.identifier.uri http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1139
dc.description Kualitas Manajemen Komplain adalah Suatu Kondisi sistem yang dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan yang digunakan untuk memonitoring sikap dan kepuasaan para pelanggan, penyalur dan partisipan lain dalam sistem pemasaran sehingga manajemen dapat mengambil langkah yang lebih cepat untuk menyelesaikan masalah, diharapkan dengan semakin baiknya kualitas manajemen komplain maka dapat meningktakan kinerja pelayanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah kusioner, observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Pengujian dilakukan dengan analisis regresi sederhana, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kualitas Manajemen Komplain terhadap Kinerja Pelayanan di BJB Syariah KCP Karawang. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Pelaksanaan Kualitas Manajemen Komplain dinilai tinggi oleh nasabah dengan total skor kumulatif sebesar 2373. Kemudian Tingkat Kinerja Pelayanan juga tinggi dilihat dari total skor kumulatif sebesar 2206. Pelaksanaan Kualitas Manajemen Komplain mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Pelayanan di Bank BJB Syariah KCP Karawang. Ini berdasarkan pada analisis kuantitatif yang menghasilkan nilai t hitung (9,649) > dari t tabel (2,01669) dan Probabilitas 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan tingkat pengaruh Kualitas Manajemen Komplain yang apabila indikatornya mengalami kenaikan bobot nilai dapat mempengaruhi kinerja pelayanan sebesar 68,4%. Kemudian sisanya sebesar 31,6% perubahan yang terjadi pada variabel Y atau kinerja pelayanan disebabkan oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Proceedings of Finance & Islamic Banking
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1139/pdf
dc.source Proceedings of Finance & Islamic Banking; Vol 1, No 2, Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah (Agustus 2015); 286-290
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 1, No 2, Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah (Agustus 2015); 286-290
dc.source 2460-2159
dc.subject Perbankan Syariah
dc.subject Kualitas Manajemen Komplain, Kinerja Pelayanan, BJB Syariah
dc.title PENGARUH KUALITAS MANAJEMEN KOMPLAIN TERHADAP KINERJA PELAYANAN ( STUDI KASUS PADA NASABAH DI BANK BJB SYARIAH KCP KARAWANG)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Artikel yang dipeer-review
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account