Universitas Islam Bandung Repository

Studi Deskriptif Mengenai Profil Religiusitas Pada Siswa Bermasalah Di SMA PGII 2 Bandung

Show simple item record

dc.contributor.author Rosdian, Fassa Dery
dc.date.accessioned 2016-12-06T03:07:40Z
dc.date.available 2016-12-06T03:07:40Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5631
dc.description.abstract SMA PGII adalah sekolah swasta yang berlandaskan agama Islam. SMA PGII 2 Bandung berupaya untuk meningkatakan religius pada tiap siswanya dalam segala aspek kehidupan, khususnya dalam aspek pembelajaran yang bernuansa islami. Siswa SMA PGII 2 mendapatkan materi pelajaran mengenai ajaran agama Islam dan mengikuti kegiatan keagamaan yang dilakukan secara rutin seperti sebelum proses kegiatan belajar mengajar dilaksanakan tadarus, melaksanakan shalat dhuha, dzuhur dan ashar berjamaah, dan kegiatan mentoring. Pendidikan agama yang diajarkan sekolah seperti mata pelajaran PAI, mata pelajaran aqidah, akhlak, dan ibadah, mata pelajaran Al-Qur’an dan mata pelajaran bahasa Arab. Pendidikan yang diperoleh oleh siswa belum tercermin ke dalam perilaku sehari-hari. Masih terdapat siswa yang menampilkan perilaku seperti tidak mengikuti shalat dhuha, dzuhur dan ashar secara berjamaah, menggunakan pakaian seragam tidak sesuai syariat Islam, sehingga pakaiannya terlihat ketat, tidak mengikuti mentoring, siswa menonton dan melihat gambar video porno. Religiusitas menunjuk pada aspek religi yang telah dihayati oleh individu di dalam hati (Mangunwijaya, 1982). Penelitian ini menggunakan teori Religiusitas dari Glock&Stark. Religiusitas dibagi menjadi 5 Dimensi yaitu Keyakinan, Pengetahuan, Praktek agama, Pengalaman, dan Konsekuensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai Religiusitas pada siswa SMA PGII 2 di Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif dengan jumlah populasi subjek sebanyak 40 siswa bermasalah di SMA PGII 2 Bandung. Alat ukur Religiusitas disusun berdasarkan teori Glock & Stark dengan disejajarkan berdasarkan dimensi-dimensi islam dari Fuad Anshori S seperti keyakinan dengan akidah, praktek agama dengan syariah, pengalaman dengan penghayatan, pengetahuan dengan ilmu agama, dan konsekuensi dengan akhlak. Hasil menunjukkan bahwa 40 siswa SMA PGII 2 Bandung memiliki religiusitas yang rendah dalam dimensi Praktek Agama (45%) dan Konsekuensi (40%) dan memiliki kategori tinggi pada dimensi Keyakinan (100%), Pengalaman (70%) dan Pengetahuan (90%). en_US
dc.publisher Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung (UNISBA) en_US
dc.subject PGII 2 Bandung, Religiusitas, Siswa SMA en_US
dc.title Studi Deskriptif Mengenai Profil Religiusitas Pada Siswa Bermasalah Di SMA PGII 2 Bandung en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account