Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Logo PT. Televisi Transformasi Indonesia (Trans TV) Periode 2013 Studi Kualitatif dalam Pendekatan Semiotika Ferdinand Saussure mengenai Logo PT. Televisi Transformasi Indonesia (Trans TV) Periode 2013

Show simple item record

dc.contributor.author Liswara, Lisda Puspita
dc.date.accessioned 2015-09-19T03:13:20Z
dc.date.available 2015-09-19T03:13:20Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/569
dc.description.abstract TRANS TV merupakan salah satu stasiun televisi yang ada di Indonesia, stasiun televisi baru yang dapat menyaingi televisi yang telah berdiri lebih awal dari TRANS TV. TRANS TV memiliki banyak karyawan dan karyawati yang masih muda-muda, maka secara tidak langsung sajian yang dimiliki TRANS TV lebih up to date dari stasiun televisi lainnya, karena di sajikan oleh kaum muda yang memiliki kreatifitas luas dan tidak tertinggal jaman. TRANS TV telah merubah logonya sebanyak empat kali, logo yang pertama sampai ketiga memiliki identitas yang sama, sedangkan logo yang baru ini dilihat dari segi warna sangat berbeda dan saat ini logo dari TRANS TV lebih ellegant dan lebih mengikuti jamannya (modern). Tujuan penelitian untuk mengetahui penanda, petanda, dan makna logo PT. Televisi Trnsformasi Indonesia (TRANS TV) Periode 2013 dilihat dari corporate identity. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui makna apa saja yang terkandung dalam logo TRANS TV periode 2013 dengan menggunakan analisis semiotika Ferdinand Saussure secara penanda dan petanda. Kesimpulan dari makna penanda pada logo TRANS TV 2013 menggunakan berlian pada huruf “A” yang dipadukan dengan campuran warna warna kuning, hijau, biru dan ungu dengan maksud me-refresh logo lama yang hanya didominasi warna biru. Makna petanda yaitu nilai-nilai yang terkandung di dalam logo TRANS TV 2013, berupa gambaran kekuatan, keabadian, kebaruan, kemewahan dan kreatifitas yang tercermin dalam program baru yang lebih fenomenal untuk menghibur dan memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai khalayak penontonnya. Perubahan logo TRANS TV sebagai corporate identity masih mempertahankan bentuk berlian namun visualisasinya berubah dari fokus terhadap bentuk menjadi lebih tertuju pada esensi berupa warna dan kilauan berlian yang merepresentasikan keragaman karakter maupun program TRANS TV sesuai dengan keberagaman yang ada di Indonesia. en_US
dc.description.sponsorship Dr. Nurrahmawati, M.Si. en_US
dc.publisher Fakultas Ilmu Komunikasi (UNISBA) en_US
dc.subject Analisis, Penanda, Petanda, Logo en_US
dc.title Analisis Logo PT. Televisi Transformasi Indonesia (Trans TV) Periode 2013 Studi Kualitatif dalam Pendekatan Semiotika Ferdinand Saussure mengenai Logo PT. Televisi Transformasi Indonesia (Trans TV) Periode 2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account