Abstract:
Kehadiran globalisasi membawa pengaruh pada berkembangnya teknologi
informasi dan komunikasi yang semakin canggih dan inovatif. Salah satu
perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang saat ini muncul dikenal
dengan nama gadget. Penggunaan gadget di zaman modern ini tidak lagi mengenal
status sosial dan usia seseorang, bahkan kita sering menjumpai anak-anak yang
tengah asik bermain dengan gadget-nya. Dalam hal ini, tentu tidak terlepas dari peran
orangtua yang bertugas untuk mendampingi dan mengawasi anak ketika
menggunakan gadget. Dampingan serta pengawasan dari orangtua diperlukan
komunikasi antarpribadi agar penyampaian pesan terhadap anak berlangsung efektif
sehingga dapat mempengaruhi pemikiran, sikap dan tingkah laku anak.
Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian
yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi antarpribadi orangtua dan
anak dalam penggunaan gadget yang dilihat dari lima kualitas yaitu keterbukaan,
empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan.
Metode yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif deskriptif dengan
menyebarkan angket dalam mengumpulkan data. Penarikan sampel didasari oleh
teknik sampling strata disproporsional (disproporsional stratified sampling) sehingga
menghasilkan jumlah responden sebanyak 70 orang yang berasal dari orangtua siswa
kelas V SDN Banjarsari, Bandung.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, maka dapat
disimpulkan bahwa komunikasi antarpribadi orangtua dan anak dalam penggunaan
gadget dari segi kualitas keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif dan
kesetaraan termasuk dalam kategori tinggi.