Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Pengelolaan Pembelajaran PAI pada Kelas Khusus di SMA PGII 1 Bandung

Show simple item record

dc.contributor.author Devi, Susanti Martiana
dc.contributor.author Surana, Dedih
dc.contributor.author Sobarna, Ayi
dc.date.accessioned 2015-09-22T04:35:57Z
dc.date.available 2015-09-22T04:35:57Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/2147
dc.description.abstract Untuk mengatur/mengendalikan/memanajemeni aktivitas pengajaran berdasarkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip pengajaran untuk menyukseskan tujuan pengajaraan sehingga tercapai lebih efektif, efisien, dan produktif yang diawali dengan penentuan strategi, dan perencanaan, diakhiri dengan penilaian perlu adanya system pengelolaan pembelajaran yang baik. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui: a) Perencanaan pembelajaran b) Pelaksanaan pembelajaran; c) Penilaian pembelajaran PAI pada Kelas Khusus di SMA PGII 1 Bandung. Penelitian dilaksanakan di SMA PGII 1 Bandung pada tahun pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif karna dapat diperoleh ketajaman dalam menafsirkan data untuk menganalisis data yang akan diteliti dengan sumber data didapat dari tiga sumber: peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data; observasi berpartisipasi, wawancara mendalam, angket dan analisa dokumen. Hasil penelitian yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI pada Kelas Khusus di SMA PGII 1 Bandung yaitu dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa Silabus dan RPP. Penyususnan rencana belajar yang lebih mengutamakan keaktifan siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, mengalokasikan waktu belajar yang lebih lama dibandingkan kelas reguler, pemanfaatan multimedia teknologi informasi dan komunikasi serta sarana yang memadai untuk memaksimalkan layanan pembelajaran yang lebih unggul dari kelas reguler. Mengutamakan tujuan dari diselenggarakannya program kelas khusus yaitu tercapainya output pendidikan berupa siswa yang unggul melalui proses layanan unggul; 2) Pelaksanaan Pembelajaran PAI pada Kelas Khusus di SMA PGII 1 Bandung menggunakan metode pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang lebih bervariasi dalam rangka menyampaikan materi dengan target mencetak lulusan yang bertaraf unggulan serta keaktifan siswa, dari mulai mengamati, bertanya, berkomentar, berargumen menjadi ciri dari hasil pembelajaran yang efektif; 3)Penilaian pembelajaran PAI pada Kelas Khusus di SMA PGII 1 Bandung yang dilakukan guru sepanjang proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dari aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan guru melakukannya sesuai dengan yang tercatum di RPP yang dilampirkan. Penilaian yang dilakukan pada kelas khusus dalam pembelajaran PAI, lebih dominan pada aspek kognitif, yaitu melalui pemahaman siswa mengenai materi melalui pretest maupun post test, jawaban argumen siswa ketika berargumen, dan presentasi siswa ketika mengomunikasikan hasil penugasan melalui tayangan berbasis Power Point yang lebih mudah dan praktis dibuat oleh siswa.Saran penelitian; a) Perencanaan Pembelajaran PAI Kelas Khusus di SMA PGII 1 Bandung perlu ditingkatkan agar penyelenggaraan Kelas Khusus dapat mencapai tingkat efektif dan efisien; b) Pelaksanaan proses pembelajaran PAI Kelas Khusus di SMA PGII 1 Bandung dapat ditingkatkan menjadi sekolah bertaraf internasional khususnya program Kelas Khusus; c) Penilaian pembelajaran PAI pada Kelas Khusus di SMA PGII 1 Bandung perlu ditingkatkan lagi agar sesuai dengan tujuan dari Kelas Khusus itu sendiri, yaitu tercapainya output pendidikan berupa siswa yang unggul melalui proses layanan unggul. Prestasi siswa di kelas khusus harus memiliki penilaian yang lebih diunggulkan lagi dari prestasi siswa kelas reguler yang dibuktikan dengan standar kelulusan kelas khusus harus lebih dominan dari standar kelulusan kelas reguler. en_US
dc.publisher Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Bandung (UNISBA) en_US
dc.subject Pengelolaan, Pembelajaran dan Kelas khusus en_US
dc.title Analisis Pengelolaan Pembelajaran PAI pada Kelas Khusus di SMA PGII 1 Bandung en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account