Abstract:
Perkembangan ekonomi tentunya memberikan perubahan besar terhadap suatu
negara seperti negara maju. Suatu negara semakin memiliki kemajuan, maka
semakin banyak pula orang yang terdidik dan banyak orang yang menganggur.
Oleh karena itu sangat penting membangun perekonomian kerakyatan yang
mengarah kepada kewirausahaan. Kewirausahaan tersebut lebih kepada pelaku
ekonomi yang berasal dari usaha kecil.
Sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Indonesia Nomor:
60/KMK.016/1996 : setiap BUMN berkewajiban untuk melaksanakan program
kemitraan dengan usaha kecil yaitu dalam bentuk penyaluran pinjaman maupun
berbentuk hibah, serta melaksanakan program bina lingkungan kepada usaha kecil
terutama yang ada di sekitar daerah operasional perseroan.dalam melakukan
kegiatan Program Kemitraan tentunya melalui beberapa tahapan dalam Strategi
komunikasi. Untuk itu Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana Strategi
Komunikasi PT. Len Industri (Persero) dalam Program Kemitraan sebagai upaya
pengembangan UKM.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus.
Adapun pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui wawancara dengan
memanfaatkan empat orang key informants yaitu kepada Manajer komunikasi
Korporasi, Koordinator PKBL serta dua Mitra Binaan PT. Len. Kemudian
melakukan observasi yang berkaitan dengan penelitian dan studi kepustakaan
dengan memanfaatkan sejumlah buku-buku atau bahan lainnya yang berkaitan
dengan ilmu komunikasi dan ilmu Public Relations.
Berdasarkan Penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Program
Kemitraan dilakukan tidak hanya meminjamkan dana saja melainkan bersifat
sosial namun pelaksanaanya dengan bentuk pendekatan ekonomi. Dalam staregi
komunikasi Program Kemitraan, keseluruhan terstruktur secara dan telah berjalan
sesuai tahapannya dengan baik dan efektif, sehingga apa yang menjadi tujuan
jangka pendek maupun jangka panjang dari Program Kemitraan PT. Len berjalan
dengan baik dan lancar sebagai upaya pengembangan UKM.