Universitas Islam Bandung Repository

FAKTOR PEMBENTUK PREFERENSI MASYARAKAT KOTA BANDUNG DALAM MEMILIH BELANJA DI PASAR TRADISIONAL DAN DI PASAR MODERN (APLIKASI METODE A H P )

Show simple item record

dc.contributor Ilmu Ekonomi, Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung
dc.creator Fajrin, Errin Arbaeni
dc.creator Julia, Aan
dc.creator Riani, Westi
dc.date 2015-02-08
dc.date.accessioned 2016-12-19T03:27:56Z
dc.date.available 2016-12-19T03:27:56Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/684
dc.identifier.uri http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/684
dc.description Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan ritel modern yang sangat pesat, terlebih minimarket selalu bertambah dengan jumlah yang banyak setiap tahunnya. Berbanding terbalik dengan pasar tradisional jumlahnya cenderung menurun dari tahun ke tahun. Hal ini membuat pilihan yang lebih banyak dan bervariatif bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana preferensi masyarakat Kota Bandung dalam memilih belanja di pasar tradisional dan di pasar modern, dan untuk mengetahui faktor- faktor apa saja yang menjadi prioritas utama dan besar pengaruh faktor-faktor tersebut dalam menentukan preferensi masyarakat Kota Bandung dalan memilih belanja di pasar tradisional dan di pasar modern. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah AHP (Analytic Hierarchy Process) dengan expert choice. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 7 responden, 4 orang berasal dari masyarakat dengan berbagai karakteristik responden, 3 orang lainnya berasal dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, PD. Pasar Bermartabat Kota Bandung dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia. Berdasarkan pengolahan data kuesioner diperoleh kesimpulan bahwa masyarakat Kota Bandung memiliki preferensi untuk lebih memilih belanja di pasar modern sebesar 67.6% sedangkan pasar tradisional sebesar 32.4%. Faktor yang menjadi prioritas utama yang mempengaruhi keputusan masyarakat dalam memilih tempat belanja di pasar tradisional atau di pasar modern adalah mutu produk dengan skala prioritas sebesar 13,7%. Kata kunci : Preferensi, Pasar Tradisional, dan Pasar Modern
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/684/pdf
dc.source Prosiding Ilmu Ekonomi; ILMU EKONOMI S-1 (GEL 1 TH AKAD 2014-2015); 1-6
dc.source 2460-6553
dc.subject ekonomi dan bisnis, ilmu ekonomi
dc.subject preferensi, pasar tradisional, pasar modern
dc.title FAKTOR PEMBENTUK PREFERENSI MASYARAKAT KOTA BANDUNG DALAM MEMILIH BELANJA DI PASAR TRADISIONAL DAN DI PASAR MODERN (APLIKASI METODE A H P )
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Artikel yang dipeer-review
dc.type deskriptif kualitatif, AHP


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account