dc.contributor |
|
|
dc.contributor |
|
|
dc.creator |
Khaeriyyah, Ila Laela |
|
dc.creator |
Ma'arif, Bambang S |
|
dc.creator |
Kamil, Parihat |
|
dc.date |
2016-08-11 |
|
dc.identifier |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/dakwah/article/view/5029 |
|
dc.description |
Abstract. This research entitled the impact of gadget usage toward the conveying of islamic sermon through interpersonal communication at commisariat coordination HMI environment in universitas islam bandung (bandung islamic university).there are widely range of gadget user, from executive businessmen to lower class ones, students, and other professions including those members of HMI Korkom Unisba. Gadget brings great influence for interpersonal communication. Not only it serves as a source of information but it is also used as a media to convey islamic sermon, such as simple as to remind a friend to pray on time.the research aims to determine the impact of gadget usage toward the conveying of islamic sermon through interpersonal communication at commisariat coordination HMI environment in universitas islam bandung. This research collected data by using techniques as follow : observation, polling, and literature study. The result of the research are : 1) The function of gadget usage toward conveying islamic sermon through interpersonal communication. It is proven by HMI members who use gadgets to remind other friends to pray in time2) intensity of gadget usage toward conveying islamic sermon through interpersonal communication. Research showed gadget usage duration reached its peakness at 10 to 30 minutes per one access with frequency of 11 to 15 times a day. 3) the impact of gadget usage toward conveying islamic sermon through interpersonal communication. Positive impact of gadget usage is to convey islamic sermon and to remind of certain time to pray.negative impact of gadget usage is the emerge of individualism, less care of other people, and neglecting the compulsary pray. Abstrak. Penelitian ini berjudul dampak penggunaan gadget terhaBegitu banyaknya pemakai gadget, mulai dari pengusaha kelas atas hingga pengusaha kelas bawah, mahasiswa, banyak yang menggunakan gadget termasuk kader HMI Korkom Unisba. Penggunaan gadget memang sangat berpengaruh untuk komunikasi antarpribadi. Selain sebagai media informasi gadget juga sebagai media dakwah, untuk mengingatkan teman salat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak penggunaan gadget terhadap pelaksanaan dakwah melalui komunikasi antarpribadi di lingkungan HMI Koordinasi Komisariat Universitas Islam Bandung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, angket dan studi dokumentasi. Temuan penelitian ini adalah : 1) Fungsi penggunaan gadget terhadap pelaksanaan dakwah melalui komunikasi antarpribadi. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan mengingatkan salat dengann menggunakan gadget kepada sesama kader. 2) Intensitas penggunaan gadget terhadap pelaksanaan dakwah melalui komunikasi antarpribadi. Terlihat dari hasil penelitian durasi penggunaan gadget tertinggi mencapai 10-30 menit dalam sekali akses dengan frekuensi diantara 11-15 kali dalam sehari. 3) Dampak penggunaan gadget terhadap pelaksanaan dakwah melalui komunikasi antarpribadi. Dampak positif yang dirasakan adalah dengan gadget dapat berdakwah dan mengingatkan ibadah. Sedangkan, dampak negatif tersebut dapat terlihat dari sifat individualis, tidak peduli sesama dan mengabaikan ibadah. |
|
dc.description |
Penelitian ini berjudul dampak penggunaan gadget terhaBegitu banyaknya pemakai gadget, mulai dari pengusaha kelas atas hingga pengusaha kelas bawah, mahasiswa, banyak yang menggunakan gadget termasuk kader HMI Korkom Unisba. Penggunaan gadget memang sangat berpengaruh untuk komunikasi antarpribadi. Selain sebagai media informasi gadget juga sebagai media dakwah, untuk mengingatkan teman salat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak penggunaan gadget terhadap pelaksanaan dakwah melalui komunikasi antarpribadi di lingkungan HMI Koordinasi Komisariat Universitas Islam Bandung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, angket dan studi dokumentasi. Temuan penelitian ini adalah : 1) Fungsi penggunaan gadget terhadap pelaksanaan dakwah melalui komunikasi antarpribadi. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan mengingatkan salat dengann menggunakan gadget kepada sesama kader. 2) Intensitas penggunaan gadget terhadap pelaksanaan dakwah melalui komunikasi antarpribadi. Terlihat dari hasil penelitian durasi penggunaan gadget tertinggi mencapai 10-30 menit dalam sekali akses dengan frekuensi diantara 11-15 kali dalam sehari. 3) Dampak penggunaan gadget terhadap pelaksanaan dakwah melalui komunikasi antarpribadi. Dampak positif yang dirasakan adalah dengan gadget dapat berdakwah dan mengingatkan ibadah. Sedangkan, dampak negatif tersebut dapat terlihat dari sifat individualis, tidak peduli sesama dan mengabaikan ibadah. |
|
dc.format |
application/pdf |
|
dc.language |
ind |
|
dc.publisher |
Universitas Islam Bandung |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/dakwah/article/view/5029/pdf |
|
dc.rights |
Copyright (c) 2016 Prosiding Komunikasi Penyiaran Islam |
|
dc.source |
Prosiding Komunikasi Penyiaran Islam; Vol 2, No 2, Komunikasi Penyiaran Islam (Agustus, 2016); 131-139 |
|
dc.source |
Prosiding Komunikasi Penyiaran Islam; Vol 2, No 2, Komunikasi Penyiaran Islam (Agustus, 2016); 131-139 |
|
dc.source |
2460-6405 |
|
dc.subject |
Proceedings of Communication and Islamic Broadcasting |
|
dc.subject |
Gadget, Islamic Sermon, Interpersonal Communication |
|
dc.subject |
Komunikasi Penyiaran Islam |
|
dc.subject |
Gadget, Dakwah, Komunikasi Antarpribadi |
|
dc.title |
Dampak Penggunaan Gadget terhadap Pelaksanaan Dakwah melalui Komunikasi Antarpribadi di Lingkungan HMI Korkom Universitas Islam Bandung |
|
dc.title |
Dampak Penggunaan Gadget terhadap Pelaksanaan Dakwah melalui Komunikasi Antarpribadi di Lingkungan HMI Korkom Universitas Islam Bandung |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/article |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
dc.type |
Peer-reviewed Article |
|
dc.type |
qualitative |
|
dc.type |
kualitatif |
|