Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Peran Komite Madrasah sebagai Badan Pengawas dalam Meningkatkan Mutu Pengelolaan Pendidikan di MI Al-Barokah

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Sa'diyyah, Saniyyatus
dc.creator Rahminawati, Nan
dc.creator Saepudin, Aep
dc.date 2016-08-11
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/3991
dc.description Komite madrasah adalah sebagai suatu badan yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan dan efesiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan, badan ini bersifat mandiri dengan memberikan pertimbangan, arahan, dan dukungan tenaga, serta pengawasan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan. Komite madrasah sebagai badan pengawas berarti ada beberapa indikator kerja yang mesti dilakukan oleh komite madrasah, sesuai dengan pengertian pengawas adalah proses pengamatan dari pelaksanaan seluruh kegiatan untuk menjamin semua pekerjaan yang sedang dilakukan berjalan sesuai rencana yang telah ditentukan sebelumnya. Tujuan adanya pengawasan yaitu membantu, membina pihak sekolah agar lebih memahami tujuan pendidikan yang sebenarnya dan mencapai tujuan sekolah.Untuk meningkatkan mutu pendidikan maka perlu usaha-usaha yang ditempuh melalui peningkatan ukuran prestasi akademik melalui Ujian Nasional atau yang menyangkut kompetensi dan pengetahuan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan peran komite madrasah sebagai badan pengawas dalam meningkatkan mutu pengelolaan pendidikan di MI Al-Barokah, melaui (1) kontrol terhadap perencanaan program madrasah, yang meliputi pengawasan terhadap kebijakan madrasah, menilai kualitas kebijakan perencanaan program madrasah. (2) kontrol terhadap pelaksanaan program madrasah, meliputi kontrol terhadap organisasi madrasa, kontrol terhadap penjadwalan program madrasah (3) kontrol terhadap output pendidikan meliputi penilaian hasil Ujian Nasional, kontrol terhadap angka bertahan di MI Al-Barokah.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Analisis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi lapangan (pengamatan), dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kontrol terhadap perencanaan program sekolah dilaksanaan secara langsung dengan mengikutu rapat tahunan yaitu tahun ajaran baru, namun pada saat pelaksanaan program konite madrasah hanya mengawasi dan menilai melalui laporan secara tertulis. (2) Adapun kontrol terhadap output pendidikan di MI Al-Barokah yaitu lebih kepada perbaikan hasil nilai Ujian Nasional dengan memfasilitasi belajar tambahan di madrasah dan mengadakan pelatihan-pelatihan soal sebelum pelaksanaan Ujian Nasional berlangsung serta menonjolkan prestasi akademik di MI Al-Barokah, hal ini dilakukan demi tercapainya visi, misi dan tujuan madrasah. (3) Stabilnya angka bertahan jumlah siswa di MI Al-Barokah menunjukan kestabilan dalam proses pembelajaran  Madrasah committee is an organization that accommodate the participation of society in improving a quality, distributing and effecientcy education management in institution education, this organization is independence by giving a considerity, directory, and support, also the controlling activity.Madrasah committee as a supervision organization have a several working indicators, suitable with the definition of supervisor, a monitoring process for all activity to guarantee all the activity works  suitable with the aims or the planning before. The aims of the research are to helped and built the school in order to attain the main goals of education. To improving the education quality there’s need an efforts through academic achievement through national exam or related with kognitive. The aims of the research are to find out the committee role as a supervision organization in order to improving education quality, through (1) Controlling the planning of madrasah programs as follows, monitoring madrasah policy, and the quaality of madrasah policy. (2) Controlling toward the execution of madrasah programs such as, controlling at madrasah institution, madrasah program schedule (3) Controlling toward out put school result, including the score of national exam, Controlling toward the number of students in MI Al-Barokah. The research used descriptive analysis method by qualitative approach. The data collecting technique used are interview, observation, and documentation study. The result of the research showed: (1) The controlling of madrasah programme planning execute directly on years assembly, the new term, by monitoring and scoring in written form. (2) controlling the out put education result in MI Al-Barokah by improving the result of national exam through facilitate the extended learning schedule and presence the trainings for national exam and also focus on academic achievement to attain the goals of madrasah  (3) keep the stability of students number in MI Al-Barokah.  
dc.description Komite madrasah adalah sebagai suatu badan yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan dan efesiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan, badan ini bersifat mandiri dengan memberikan pertimbangan, arahan, dan dukungan tenaga, serta pengawasan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan. Komite madrasah sebagai badan pengawas berarti ada beberapa indikator kerja yang mesti dilakukan oleh komite madrasah, sesuai dengan pengertian pengawas adalah proses pengamatan dari pelaksanaan seluruh kegiatan untuk menjamin semua pekerjaan yang sedang dilakukan berjalan sesuai rencana yang telah ditentukan sebelumnya. Tujuan adanya pengawasan yaitu membantu, membina pihak sekolah agar lebih memahami tujuan pendidikan yang sebenarnya dan mencapai tujuan sekolah.Untuk meningkatkan mutu pendidikan maka perlu usaha-usaha yang ditempuh melalui peningkatan ukuran prestasi akademik melalui Ujian Nasional atau yang menyangkut kompetensi dan pengetahuan.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan peran komite madrasah sebagai badan pengawas dalam meningkatkan mutu pengelolaan pendidikan di MI Al-Barokah, melaui (1) kontrol terhadap perencanaan program madrasah, yang meliputi pengawasan terhadap kebijakan madrasah, menilai kualitas kebijakan perencanaan program madrasah. (2) kontrol terhadap pelaksanaan program madrasah, meliputi kontrol terhadap organisasi madrasa, kontrol terhadap penjadwalan program madrasah (3) kontrol terhadap output pendidikan meliputi penilaian hasil Ujian Nasional, kontrol terhadap angka bertahan di MI Al-Barokah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Analisis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi lapangan (pengamatan), dan studi dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kontrol terhadap perencanaan program sekolah dilaksanaan secara langsung dengan mengikutu rapat tahunan yaitu tahun ajaran baru, namun pada saat pelaksanaan program konite madrasah hanya mengawasi dan menilai melalui laporan secara tertulis. (2) Adapun kontrol terhadap output pendidikan di MI Al-Barokah yaitu lebih kepada perbaikan hasil nilai Ujian Nasional dengan memfasilitasi belajar tambahan di madrasah dan mengadakan pelatihan-pelatihan soal sebelum pelaksanaan Ujian Nasional berlangsung serta menonjolkan prestasi akademik di MI Al-Barokah, hal ini dilakukan demi tercapainya visi, misi dan tujuan madrasah. (3) Stabilnya angka bertahan jumlah siswa di MI Al-Barokah menunjukan kestabilan dalam proses pembelajaran 
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/3991/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/downloadSuppFile/3991/633
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 2, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2016); 224-232
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 2, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2016); 224-232
dc.source 2460-6413
dc.subject Proceedings of Islamic Education
dc.subject Madrasah, Madrasah Commitee, Education Quality Mutu Pendidikan
dc.subject Pendidikan Agama Islam
dc.subject Madrasah, Badan Pengawas, Ujian Nasional
dc.title Analisis Peran Komite Madrasah sebagai Badan Pengawas dalam Meningkatkan Mutu Pengelolaan Pendidikan di MI Al-Barokah
dc.title Analisis Peran Komite Madrasah sebagai Badan Pengawas dalam Meningkatkan Mutu Pengelolaan Pendidikan di MI Al-Barokah
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type -
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account