Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Kegiatan CSR PT.XL Axiata Tbk dengan Daya Inovasi Teknologi Komunikasi Masyarakat

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Ayuningtiyas, Suciati
dc.creator Fuady, M E
dc.date 2016-08-11
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/4052
dc.description Abstract.PT XL Axiata Tbk, whom conducts the programs, which is called Xmartvillage. Xmartvillage is the program of CSR that is designed to develop some villages into a ‘smart village’ and being advanced in technology area. The purpose of this research is to find out the correlations between the Corporate Social Responsibility (CSR) events of PT. XL AXIATA TBK with the technology innovation of public communications. The research used: the concept of CSR, the theory of Diffusion Innovation and also the theory communication technology development. The respondents were the people of RW Cikondang Pangalengan, the techniques that were being used are the cluster random sampling. The CSR event was conducted by considering the aspects of enabling, empowering, protecting with knowledge, persuasion, decision, the confirmation of public’s communication technology. The method that being used in this research was correlational. With the total of 67 respondents (by using correlational approach), the research was conducted to inspect and to find out the correlation between both variables (X Variable and Y Variable). At the end, the research shows that there is a correlation between the CSR events of PT XL AXIATA with the technology innovation of public communications. Any suggestions towards PT XL AXIATA Tbk that hopefully the CSR events can be conducted periodically, and also there are more similar programs that could enhance the technology innovation of public communications in the future.Abstrak.PT.XL Axiata Tbk melakukan program CSR, yang disebut Xmartvillage. Xmartvillage yaitu program CSR yang dirancang  untuk mengembangkan  desa menjadi desa pintar dan tidak tertinggal teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kegiatan CSR PT. XL Axiata Tbk dengan daya inovasi teknologi komunikasi masyarakat. Penelitian ini menggunakan konsep CSR, teori Difusi Inovasi dan juga teori perkembangan teknologi komunikasi. Responden yang dipilih peneliti adalah warga RW Cikondang Pangalengan  dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kegiatan CSR yang diteliti adalah dilihat dari aspek enabling, empowering, protecting dengan pengetahuan, persuasi, keputusan,konfirmasi daya inovasi teknologi komunikasi masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional dengan jumlah 67 responden dengan pendekatan korelasional yaitu untuk meneliti dan mengetahui hubungan di antara dua variabel (Variabel X dan Variabel Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kegiatan CSR PT.XL Axiata dengan daya inovasi teknologi komunikasi masyarakat. Adapun saran dan masukan untuk PT.XL Axiata Tbk yaitu diharapkan kegiatan CSR ini dapat dilaksanakan secara rutin dan juga menambah program-program yang dapat meningkatkan daya inovasi teknologi komunikasi warga.
dc.description PT.XL Axiata Tbk melakukan program CSR, yang disebut Xmartvillage. Xmartvillage yaitu program CSR yang dirancang  untuk mengembangkan  desa menjadi desa pintar dan tidak tertinggal teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kegiatan CSR PT. XL Axiata Tbk dengan daya inovasi teknologi komunikasi masyarakat. Penelitian ini menggunakan konsep CSR, teori Difusi Inovasi dan juga teori perkembangan teknologi komunikasi. Responden yang dipilih peneliti adalah warga RW Cikondang Pangalengan  dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kegiatan CSR yang diteliti adalah dilihat dari aspek enabling, empowering, protecting dengan pengetahuan, persuasi, keputusan,konfirmasi daya inovasi teknologi komunikasi masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional dengan jumlah 67 responden dengan pendekatan korelasional yaitu untuk meneliti dan mengetahui hubungan di antara dua variabel (Variabel X dan Variabel Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kegiatan CSR PT.XL Axiata dengan daya inovasi teknologi komunikasi masyarakat. Adapun saran dan masukan untuk PT.XL Axiata Tbk yaitu diharapkan kegiatan CSR ini dapat dilaksanakan secara rutin dan juga menambah program-program yang dapat meningkatkan daya inovasi teknologi komunikasi warga.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/4052/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 2, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 611-617
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 2, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 611-617
dc.source 2460-6510
dc.subject Proceedings of Public Relations
dc.subject CSR, Xmartvillage, Innovation, Technology Communication.
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject CSR, Xmartvillage, Inovasi, teknologi komunikasi.
dc.title Hubungan Kegiatan CSR PT.XL Axiata Tbk dengan Daya Inovasi Teknologi Komunikasi Masyarakat
dc.title Hubungan Kegiatan CSR PT.XL Axiata Tbk dengan Daya Inovasi Teknologi Komunikasi Masyarakat
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Qualitative
dc.type kuantitaif korelasional


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account