Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Antara Menonton Tayangan Modern Moms Trans 7 Dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Para Ibu

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.creator Jaenuddin, Mita Ramdhani
dc.creator Suherman, Maman
dc.date 2015-06-02
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/2021
dc.description Many types of mass media make the public have a lots of choice of media. The public can choose their preferred media and can be value added for the fulfillment of needed. Information is one of the requirements of the media. Television is one of media that is used as a source of information and entertainment. Audio-visual is a characteristic of television that makes it easy for the audience to understand any information given. Trans 7 with its mission of being a source of ideas and aspirations to educate and improve the quality of life, embodied by presenting broadcasts informative and educating program, the one of Impression is “Modern Moms”. This research, entitled "The Relationship between Watching Impressions Modern Moms Trans 7 with Fulfillment Information Moms Needs” The purpose of this research it was to also learn the relationship between watching Modern Moms Trans 7 with the fulfillment of information needs of mothers. This research use a correlational method. The analysis technique using in this research is descriptive analysis techniques and inferential analysis. The populations are the Women’s in posyandu area of Margahayusub-district, Bandung regency. The sample in this research is the mother in PosyanduAnggrek XI, South Margahayu, Margahayu sub- district, Bandung regency. The taking sampling technique using probability sampling method and the sampling technique usingcluster sampling method. The theory using in this research isTheory of Uses and Gratification. Meanwhile, to collect data the researchers using questionnairetechnique, interview and literature study. The results showed that there is a strong and positive relation between watching Modern Moms Trans 7 with the fulfillment of information needs of the mother with the value of the correlation coefficient of 0.636. The conclusion of this research is that there is a relationship between watching Modern Moms Trans 7 with the fulfillment of information needs of the mother.
dc.description Banyaknya jenis media massa menjadikan khalayak memiliki banyak pilihan media. Khalayak dapat memilih media yang mereka suka dan dinilai dapat memenuhi kebutuhannya. Salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh media adalah kebutuhan informasi. Penggunaan media adalah salah satu cara khalayak untuk memenuhi kebutuhannya tersebut. Televisi merupakan salah satu media yang digunakan sebagai sumber informasi dan hiburan. Karakteristik televisi yaitu audio visual memberikan kemudahan kepada khalayak untuk memahami setiap informasi yang disampaikan. Trans 7 dengan misinya  menjadi wadah ide dan aspirasi guna mengedukasi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, diwujudkan dengan cara menyajikan tayangan-tayangan yang informatif dan mendidik salah satunya adalah Tayangan Modern Moms. Penelitian ini berjudul “Hubungan Antara Menonton Tayangan Modern Moms Trans 7 Dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Para Ibu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahu hubungan antara menonton tayangan Modern Moms Trans 7 dengan pemenuhan kebutuhan informasi para ibu. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah Para Ibu di lingkungan Posyandu Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung. Sampel dalam penelitian ini adalah para Ibu di lingkungan Posyanndu Anggrek XI, Desa Margahayu Selatan, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan metode probability sampling. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Uses and Gratifications. Sementara itu, untuk mengumpulkan data penelitian peneliti menggunakan teknik penyebaran angket, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan positif antara menonton tayangan Modern Moms Trans 7 dengan pemenuhan kebutuhan informasi para Ibu dengan nilai koefisien korelasi sebesar o.636. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara menonton tayangan Modern Moms Trans 7 dengan pemenuhan kebutuhan informasi para Ibu.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/2021/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/downloadSuppFile/2021/276
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 1, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2015); 191-196
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 1, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2015); 191-196
dc.source 2460-6510
dc.subject
dc.subject Using Media, Television Program, Fulfillment Information Needs
dc.subject Ilmu Komunikasi
dc.subject media; Televisi; Pemenuhan Kebutuhan Informasi
dc.title Hubungan Antara Menonton Tayangan Modern Moms Trans 7 Dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Para Ibu
dc.title Hubungan Antara Menonton Tayangan Modern Moms Trans 7 Dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Para Ibu
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type
dc.type Kuantitatif; Korelasional


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account