This thesis entitled “The Campaign Strategy of PON XIX 2016. The case that is raised is about the Counting Down campaign strategy towards PON XIX who is done by Broadcasting and Service Sectorof PON XIX 2016. The aim of this thesis is to find out : Planning, Implementation, and evaluating system of campaign strategy that is applied by the Sector of PPM PON XIX 2016. The method that is used in this thesis is qualitative method with case study theory which is aimed to clearly describe and detailed about how the strategy that is applied on Counting Down campaign towards PON XIX 2016. However, the validation of data has gotten from three components of case study, that are : document, archives recording, interview, live observation, participant observation, and literatures. The subjects of this research that has been interviewed were the crew of PPM Sector, that are : Ateng Kusnandar as a Head of PPM Sector, Wawan Suwandi (Public Relations). And also there is complement informants that are Ananta Doris Amal as Event OrganizerThe research has revealed some results that the campaign that is done by PPM Sector crew by analyzing the case around that is caused where West Java will be the host of PON XIX activity in 2016, and the administration of West Java wants Internal Public and External Public are aware of this event.The second step is planning the campaign which is started by setting the goals of Counting Down Campaign, that are: To inform the public about PON activity that will be held in 2016. To remind to stakeholder who is involved on PON XIX 2016, to evaluate how ready the administration of West java is, from the tools, infrastructure, the preparation of athlete.
Skripsi ini berjudul “StrategiKampanye PON XIX 2016”. Permasalahan yang diangkat mengenai strategikampanye Counting Down menjelang PON XIX yang dilakukanolehBidangPenyiarandanPelayanan PON XIX 2016. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: Perencanaan, Pelaksanaandan Cara Evaluasidaristrategikampanye yang dilakukanolehBidang PPM PON XIX 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas dan lebih terperinci mengenai bagaimana strategi yang digunakandalam kampanye Counting Down menjelang PON XIX 2016. Sedangkan data untuk menunjang penelitian ini diperoleh melaluitiga sumber bukti pengumpulan data studi kasus yaitu : dokumen, rekaman arsip, wawancara, pengamatan langsung, observasi partisipan, dan perangkat-perangkat fisik(studi kepustakaan). Dalam hal ini subjek sebagai sumber yang diwawancarai adalah pihak panitiadariBidang PPM yaitu: Bapak AtengKusnandarselakukepalaBidang PPM, Wawan Suwandi (Humas). Salain itu juga ada beberapa narasumber pelengkap penelitian, yaitu Ananta Doris Amal sebagai EO (Tim Pelaksana). Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa usaha kampanye yang dilakukanoleh panitia Bidang PPM dengan menganalisa masalah sekitar yang dilatarbelakangi oleh dimana Jawa Barat akan menjadi tuan rumah untuk kegiatan PON XIX tahun 2016, dan pemerintah Jawa Barat menginginkan Public Internal dan Eksternal mengetahui akan hal ini. Kemudian usaha kedua yaitu merencanakan kampanye diawali dengan menyusun tujuan dari kampanye Counting Down ini yaitu: untuk menberikan informasi kepada masyarakat luas mengenai kegiatan PON yang akan dilaksankan tahun 2016, untuk mengingatkan kepada stakeholder yang terlibat dalam penyelenggaraan PON XIX 2016, untuk mengevaluasi sejauh mana kesiapan pemerintah Jawa Barat dalam menyambut PON XIX 2016 baik dari sarana prasarana, infrastruktur, kesiapan atlet, mengajak masyarakat Jawa Barat agar mendukung Catur Sukses PON XIX 2016 yang terdiri dari, sukses pelaksanaan, sukses administrasi dan sukses mendongkrak ekonomi kerakyatan. Kemudian menetapkan sasaran kampanye yang diantaranya sebagian besar anak muda yang tinggal di perkotaan Jawa Barat seperti, Bogor, Ciamis, Tasik, Bandung. Kemudian menentukan pesan kampanye dan melakukan sleksi media kampanye. Kemudian usaha ketiga, yaitu pada tahap pelaksanaan kampanye yang diantaranya meliputi rangkaian kegiatan Kampanye Counting Down, Komunikator kampanye, Isi pesan yang disampaikan, karakteristik media yang digunakan pada saat kampanye. Usaha yang keempat meliputi kegiatan evaluasi dari mulai perencanaan sampai pra pelaksanaan dan pasca pelaksanaan kampanye Counting Down PON XIX 2016.