Description:
Kemajuan teknologi dan media komunikasi, banyak cara yang dilakukan oleh pihak – pihak tertentu seperti perusahaan, komunitas, band dan lainya untuk mencapai tujuan seperti identitas, eksistensi, citra, penarikan massa, keuntungan dan lainya. Pada penelitian ini peneliti tertarik meneliti Logo dari Band karena sangat banyak Band di Kota Bandung, Indonesia bahkan Dunia yang memiliki logo yang berbeda – beda, yang mana makna, tujuan dari logo, pesan yang ingin disampaikan dari logo itu berbeda – beda pula. Terkait dalam hal ini penulis ingin meneliti salah satu logo dari sebuah Band di Kota Bandung bernama “BILLFOLD” bertujuan untuk mengetahui simbol-simbol yang ada dalam logo, makna yang ada pada logo, dan mengetahui makna bagaimana logo dapat mencitrakan logo band Billfold ini. Menggunakan metode penelitian kualitatif dimana metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci. Sebagai pendekatan menggunakan Teori Semiotika Charles Sanders Pierce. Kesimpulan dari penelitian ini yang pertama adalah simbol - simbol yang ada pada logo band Billfold terdiri dari tiga kategori yaitu grafis, warna, dan komposisi. Yang kedua kategori yaitu grafis, warna, dan komposisi juga. Dan yang ketiga Logo mencitrakan band Billfold adalah yang paling utama dari bentuk huruf “B” yang didesain seperti huruf hijaiyah “dza” yang tujuanya seperti yang dijelaskan dari Band Billfold bahwa untuk mendapatkan citra yang baik, walaupun hidup manusia belum benar baik, dengan cara seperti ini setidaknya ikut menyampaikan sesuatu yang baik, maka dibuat huruf “B” seperti huruf hijaiyah “dza” sebagai bentuk mencitrakan band Billfold ini.