Description:
Penelitian ini didasarkan pada komunikasi kelompok antara tutor Homeschooling Taman Sekar Bandung dengan siswanya. Kepercayaan diri siswa akan tumbuh jika ditangani oleh orang yang tepat. Meskipun sebagian besar ditumbuhkan oleh orang tua siswa, namun tutor di sekolah juga ikut membantu dalam menumbuhkan sikap kepercayaan diri siswa. Kepercayaan diri siswa dapat ditumbuhkan dengan cara pemahaman yang baik antara tutor dengan siswa. Selain itu metode pembelajaranpun akan sangat mempengaruhi, karena jika siswa nyaman dan paham tentang apa yang dijelaskan oleh tutor, maka siswa akan lebih percaya diri dalam meraih masa depannya. Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara mendalam dengan tutor Homeschooling Taman Sekar Bandung karena penelitian ini menggunakan metode studi kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Wawancara ini dilakukan untuk menguak sikap kepercayaan diri yang dimiliki oleh siswa Homeschooling Taman Sekar Bandung. Dengan adanya penelitian ini diperoleh data bahwa dengan adanya metode pembelajaran yang tepat, hubungan yang hangat dan motivasi yang kuat yang diberikan oleh tutor kepada siswa dapat membuat siswa menjadi anak yang mempunyai kepercayaan diri yang tinggi.