Universitas Islam Bandung Repository

Strategi Public Relations B2PLKDN Balai Besar Pelatihan Kerja dalam Negeri

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Aditya Subasman, Teggar Garba
dc.creator Fahmi, M Husen
dc.date 2016-02-19
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/3042
dc.description Public relations memiliki tugas untuk mensosialisasikan program-program atau kegiatan tertentu kepada publik, agar publik dapat mengetahuinya. B2PLKDN atau Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Dalam Negeri merupakan sebuah badan yang bermanfaat untuk melatih pencari kerja, karyawan, guru sekolah ataupun lembaga pelatihan, yang saat ini sedang melakukan sosialisasi kepada publik mengenai pentingnya pelatihan, sertifikasi, dan penempatan dalam satu koordinasi yang terpadu, agar dapat meningkatkan kompetensi dan daya saing tenaga kerja dalam rangka penanggulangan pengangguran dan pada saatnya dapat mengentaskan kemiskinan. Untuk itu, B2PLKDN memerlukan strategi public relations yang tepat agar sosialisasi tersebut dapat dilakukan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi public relations B2PLKDN dalam mensosialisasikan pelatihan tenaga kerja dan penyaluran tenaga kerja di dalam negeri dan luar negeri kepada bagi masyarakat kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam, serta observasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi PR oleh Humas B2PLKDN terdiri dari empat tahap yaitu fase analisis situasi, fase strategi, fase taktik dan fase evaluasi. Situasi yang dihadapi adalah orang-orang yang membutuhkan pekerjaan dan terutama memiliki keinginan untuk menjadi tenaga kerja yang memiliki kompetensi yang memadai agar bisa bersaing dengan tenaga kerja lain yang berasal dari luar negeri. Kemudian dalam mengimplementasikan strategi PR, selain diharuskan untuk memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan bersifat persuasif, mereka juga harus memiliki kredibilitas yang baik agar publik dapat lebih mudah mempercayai pesan-pesan yang disampaikan oleh PR. Fase taktik dilakukan dengan menggunakan komunikasi interpersonal disini merupakan tugas utama dari staf humas B2PLKDN yang sebelumnya sudah dibekali secara matang mengenai cara berkomunikasi yang tepat dan efektif. Terakhir dalam evaluasi, Humas B2PLKDN membuat laporan kemajuan ini memiliki tujuan untuk mengetahui secara langsung dan pasti mengenai bagaimana Staf Humas melakukan pekerjaaannya, dan hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi oleh Staf Humas.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/3042/pdf
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 2, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2016); 297-304
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 2, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2016); 297-304
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject B2PLKDN,Strategi PR, Sosialisasi, Tenaga Kerja.
dc.title Strategi Public Relations B2PLKDN Balai Besar Pelatihan Kerja dalam Negeri
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account