Description:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Humas Pemerintah Kota Purwakarta untuk memperkenalkan slogan “Purwakarta Istimewa”. Perubahan slogan Kota Purwakarta yang semula mempunyai slogan Purwakarta Kota Tasbeh” berubah menjadi “Purwakarta Istimewa”. Bupati Purwakarta Kang Hj. Dedi Mulyadi sebagai orang yang pertama kali mengusung perubahan slogan ini memaknai “Purwakarta Istimewa” sebagai upaya pemerintah mengistimewakan Kota Purwakarta dan masyarakatnya. Perubahan slogan Kota Purwakarta yang baru merupakan tantangan bagi Humas Pemerintah Purwakarta untuk dapat membuat sebuah strategi perencanaan untuk memperkenalkan slogan “Purwakarta Istimewa” kepada masyarakat Purwakarta khususnya dan masyarakat diluar Kota Purwakarta pada umumnya. Metode yang digunakan oleh peneliti pada penelitian ini yaitu metode penelitian Deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dengan data kualitatif. Peneliti menggunakan teori 4 proses perencanaan PR. Teknik pengumpulan data didapatkan melalui proses wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Wawancara dilakukan kepada Kepala bagian Humas Pemerintah Purwakarta serta Bupati Purwakarta sebagai data tambahan atau pendukung. Kesimpulan dari penelitian ini, Humas Pemerintah Purwakarta telah berupaya menmperkenalkan slogan “Purwakarta Istimewa” melalui berbagai cara diantaranya, merencanakan program sosialisasi langsung maupu tidak langsung kepada masyarakat, membuat program rutin, membuat jadwal kunjungan, menentukan segemntasi serta melakukan sosialisasi melalui media cetak maupun elektronik.