Universitas Islam Bandung Repository

HUBUNGAN ANTARA KINERJA PELAYANAN CUSTOMER SERVICE DENGAN KEPUASAN PELANGGAN

Show simple item record

dc.contributor Bidang Kajian Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Unisba
dc.creator Gumiarti, Nitia
dc.creator Yuningsih, Ani
dc.date 2015-01-21
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/196
dc.description ABSTRAK. Pelayanan merupakan aspek paling utama dalam menunjang kepuasan pelanggan, pelanggan tidak pernah terlepas dari suatu perusahaan terutama perusahaan yang menawarkan berbagai jasa kesehatan. Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui apakah terdapat hubungan antara “Kinerja Pelayanan Customer service dengan Kepuasan Pelanggan” di RSUP Dr Hasan Sadikin Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kuantitatif dengan metode korelasional, sumber data yang digunakan yakni pertama dari data primer dengan menyebarkan angket atau kuesioner kepada pelanggan lalu melakukan wawancara dengan pihak yang terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa indikator pada penelitian ini bersifat valid seluruhnya dan validitasnya bersifat  reliabel keseluruhan dari penelitian ini adalah terdapatnya hubungan yang signifikan antara variabel kinerja pelayanan dengan variabel kepuasan pelanggan, hal ini diperkuat hasil wawancara terhadap beberapa pihak terkait. Kata Kunci: Kinerja pelayanan, Customer service, Kepuasan pelanggan ABSTRACT. Service of a company is the main aspect in supporting the customers satisfaction. The customer itself cannot be separated from a company success, in this case a company which offers a health service. This study aims to find out the relationship between the service performance of customer service and the customer satisfaction in RSUP Dr. HasanSadikin, Bandung. The method used is quantitative by applying the correlational study. The data is taken by distributing questionnaires to the customers as the main data and conducting interviews to the stakeholders as the supporting data. The result determines that  the indicators in this study are entirely valid and its validity is reliable, which shows that there is a significant relationship between the service performance of customer service and the customer satisfaction. This conclusion is also supported by the result of its interview to the stakeholders. Keywords: Service Performance, Customer Service, Customer Satisfaction.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/196/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/downloadSuppFile/196/26
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 1, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2015); 117-123
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 1, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2015); 117-123
dc.source 2460-6510
dc.subject
dc.subject
dc.title HUBUNGAN ANTARA KINERJA PELAYANAN CUSTOMER SERVICE DENGAN KEPUASAN PELANGGAN
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account