Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Kampanye Earth Hour Bandung dengan Sikap Masyarakat dalam Menggunakan Listrik secara Hemat

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Gayatri, Shaskia Marillia
dc.creator Drajat, M Subur
dc.date 2016-08-11
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/3941
dc.description Abstract.At the present time, all daily activities which fulfil humans’ needs seem to depend on electricity. Based on that fact, WWF (World Wide Fund For Nature) Indonesia,with its concerns to environmental or natural issues, organizes a campaign called Earth Hour to minimize excessive electric usage. The campaign is usually conducted annually in March and the participants perform a symbolic action of turning off all electricity for an hour . This campaign is held in every place in Indonesia, including Bandung. It is expected that through this campaign, Indonesian ,especially those who live in Bandung, is able to use the eletricity more efficient.This paper entitled “Hubungan Kampanye Earth Hour Bandung dengan Sikap Masyarakat dalam Menggunakan Listrik secara Hemat: Studi Korelasional mengenai Hubungan Kampanye Earth Hour Bandung dengan Sikap Masyarakat RW 06 Tanjung Sari Asri Kelurahan Antapani Wetan, Kecamatan Antapani, Bandung dalam Menggunakan Listirk secara Hemat” is written to discover the responses from Bandung citizens, especially who live in Antapani, towards the Earth Hour campaign and the electricity usage. With regard to the aim of this paper, this paper aims for recognizing the relationship between the Earth Campaign and the reactions from the residents of RW o6 Tanjung Sari Asri Kelurahan Antapani Wetan, Kecamatan Antapani, Bandung in using electricity.The theory used in this research is the Elaboration Likelihood Model theory. This theory is a persuasive theory that explain  the decision taken depends on the ways of how a message is processed. The method used in this research is correlational method. Furthermore, the sampling technique used in this research is the cluster probability sampling. The sampling selected 76 out of 310 householders and this research used questionnaires, library study, intervieew, and the internet as the ways to collect data.The result of this reseacrh is that there is a significant relationship between the message of the Earth Hour campaign and the people’s responses in using electricity efficiently. The result consists of cognition and affection. Meanwhile, in terms of conation, the message of the campaign does not affect the people’s attitude in using electricity efficiently. However, there is a significant relationship that consists of cognition, affection, and conation,  between the campaign communicator credibility and the people’s response in using electricity efficientlyAbstrak.Di jaman modern saat ini, segala aktivitas yang menunjang kebutuhan sehari – hari seakan bergantung kepada listrik. Melihat kondisi ini, WWF (World Wide Fund For Nature) Indonesia dengan kepeduliannya mengenai berbagai gejala alam melaksanakan sebuah program yang bertujuan untuk meminimalisir melonjaknya pemakaian listrik secara berlebihan di masyarakat melalui kampanye Earth Hour, yang merupakan kampanye  mengenai penghematan energi listrik yang biasanya diadakan setiap bulan Maret dengan aksi simbolik yaitu mematikan listrik selama 1 jam. Kampanye ini di sebar ke seluruh wilayah di Indonesia, salah satunya Bandung, dengan kampanye Earth Hour Bandung. Kampanye ini di adakan dengan harapan dapat mengajak masyarakat Indonesia khususnya warga Bandung untuk lebih efisien dalam menggunakan listrik setiap harinya.Karya Tulis yang berjudul “ Hubungan Kampanye Earth Hour Bandung dengan Sikap Masyarakat dalam Menggunakan Listrik secara Hemat : Studi Korelasional mengenai Hubungan Kampanye Earth Hour Bandung dengan Sikap Masyarakat RW 06 Tanjung Sari Asri Kelurahan Antapani Wetan, Kecamatan Antapani, Bandung dalam Menggunakan Listrik secara Hemat” ini disusun untuk mengetahui adakah hubungan kampanye Earth Hour Bandung dengan sikap masyarakat Bandung khususnya warga Antapani dalam menggunakan listrik secara hemat. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kampanye Earth Hour Bandung dengan sikap masyarakat penduduk RW 06 Tanjung Sari Asri Kelurahan Antapani Wetan, Kecamatan Antapani, Bandung dalam menggunakan listrik secara hemat.Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Elaboration Likelihood Model yaitu sebuah teori persuasi yang menjelaskan bahwa keputusan dibuat bergantung pada jalur yang di tempuh dalam memproses sebuah pesan. Penelitian ini menggunakan metode korelasional, sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini probabilitas cluster sampling yang dimana dari jumlah 310 kepala keluarga diambil 76 sampel kepala keluarga dengan teknik pengumpulan data melalui angket, studi kepustakaan, wawancara dan internet.Hasil dari penelitian ini yaitu, terdapat hubungan yang signifikan antara Isi pesan Kampanye Earth Hour dengan Sikap Masyarakat dalam menggunakan listrik secara hemat, yang terdiri dari kognisi, dan afeksi. Sedangkan Isi pesan kampanye earth hour tidak berpengaruh secara signifikan dengan aspek konasi sikap masyarakat dalam menggunakan linstrik secara hemat. Terdapat hubungan yang signifikan antara kredibilitas komunikator Kampanye Earth Hour dengan Sikap Masyarakat dalam menggunakan listri secara hemat, yang terdiri dari kognisi, afeksi dan konasi .
dc.description Di jaman modern saat ini, segala aktivitas yang menunjang kebutuhan sehari – hari seakan bergantung kepada listrik. Melihat kondisi ini, WWF (World Wide Fund For Nature) Indonesia dengan kepeduliannya mengenai berbagai gejala alam melaksanakan sebuah program yang bertujuan untuk meminimalisir melonjaknya pemakaian listrik secara berlebihan di masyarakat melalui kampanye Earth Hour, yang merupakan kampanye  mengenai penghematan energi listrik yang biasanya diadakan setiap bulan Maret dengan aksi simbolik yaitu mematikan listrik selama 1 jam. Kampanye ini di sebar ke seluruh wilayah di Indonesia, salah satunya Bandung, dengan kampanye Earth Hour Bandung. Kampanye ini di adakan dengan harapan dapat mengajak masyarakat Indonesia khususnya warga Bandung untuk lebih efisien dalam menggunakan listrik setiap harinya.Karya Tulis yang berjudul “ Hubungan Kampanye Earth Hour Bandung dengan Sikap Masyarakat dalam Menggunakan Listrik secara Hemat : Studi Korelasional mengenai Hubungan Kampanye Earth Hour Bandung dengan Sikap Masyarakat RW 06 Tanjung Sari Asri Kelurahan Antapani Wetan, Kecamatan Antapani, Bandung dalam Menggunakan Listrik secara Hemat” ini disusun untuk mengetahui adakah hubungan kampanye Earth Hour Bandung dengan sikap masyarakat Bandung khususnya warga Antapani dalam menggunakan listrik secara hemat. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kampanye Earth Hour Bandung dengan sikap masyarakat penduduk RW 06 Tanjung Sari Asri Kelurahan Antapani Wetan, Kecamatan Antapani, Bandung dalam menggunakan listrik secara hemat.Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Elaboration Likelihood Model yaitu sebuah teori persuasi yang menjelaskan bahwa keputusan dibuat bergantung pada jalur yang di tempuh dalam memproses sebuah pesan. Penelitian ini menggunakan metode korelasional, sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini probabilitas cluster sampling yang dimana dari jumlah 310 kepala keluarga diambil 76 sampel kepala keluarga dengan teknik pengumpulan data melalui angket, studi kepustakaan, wawancara dan internet.Hasil dari penelitian ini yaitu, terdapat hubungan yang signifikan antara Isi pesan Kampanye Earth Hour dengan Sikap Masyarakat dalam menggunakan listrik secara hemat, yang terdiri dari kognisi, dan afeksi. Sedangkan Isi pesan kampanye earth hour tidak berpengaruh secara signifikan dengan aspek konasi sikap masyarakat dalam menggunakan linstrik secara hemat. Terdapat hubungan yang signifikan antara kredibilitas komunikator Kampanye Earth Hour dengan Sikap Masyarakat dalam menggunakan listri secara hemat, yang terdiri dari kognisi, afeksi dan konasi . 
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/3941/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 2, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 561-567
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 2, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 561-567
dc.source 2460-6510
dc.subject Proceedings of Public Relations
dc.subject Campaign, People’s responses, Elaboration Likelihood Model (ELM)
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Kampanye, Sikap Masyarakat, Elaboration Likelihood Model (ELM)
dc.title Hubungan Kampanye Earth Hour Bandung dengan Sikap Masyarakat dalam Menggunakan Listrik secara Hemat
dc.title Hubungan Kampanye Earth Hour Bandung dengan Sikap Masyarakat dalam Menggunakan Listrik secara Hemat
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Qualitative
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account