Description:
Latar belakang dilakukannya penelitian ini berfokus pada kegiatan media relations PDAM Tirtawening yang hanya ditujukan bagi institusi media/wartawan yang bekerjasama dengan PDAM Tirtawening serta adanya kemungkinan perbedaan pandangan dari humas PDAM Tirtawening terhadap upaya pembangunan media relations yang baik dengan media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prinsip media relations yang diterapkan humas PDAM Tirtawening Kota Bandung, untuk mengetahui strategi media relations yang digunakan oleh humas PDAM Tirtawening Kota Bandung, serta untuk mengetahui model media relations humas PDAM Tirtawening dengan media. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan melakukan wawancara dengan Kepala Sub. Bid Humas PDAM Tirtawening Kota Bandung yang dapat dijadikan key informant karena memiliki keterkaitan yang kuat terhadap objek penelitian, melakukan pengamatan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa untuk melakukan kegiatan media relations, humas PDAM Tirtawening Kota Bandung menggunakan prinsip memahami dan melayani media, membangun reputasi sebagai orang yang dapat dipercaya, bekerjasama dalam penyediaan materi informasi, dan menyediakan fasilitas verifikasi. Sedangkan strategi media relations yang digunakan oleh humas PDAM Tirtawening Kota Bandung adalah media gathering strategy dan embargo media strategy. Model media relations yang digunakan humas PDAM Tirtawening Kota Bandung adalah model hubungan two-ways symmetric. Namun pada intinya, kemampuan komunikasi personal yang dimiliki praktisi humas-lah yang menentukan berhasil atau tidaknya suatu media relations.