The presences of globalization have an impact on the development of information and communication technologies that are sophisticated and innovative. One of the developments of information and communication technology that is currently emerging is known “gadget”. Gadget users nowdays is no longer limited by social status or age, even kids are now having and playing their own devices. In this case, parents have an important role to control their children when they are using gadgets. The surveillance of parents is needed to communicate interpersonal with their children effectively in order to influence their minds, attitudes and behaviors. Based on these descriptions, the researcher is interested to make a research that aims to determine how the interpersonal communication of parents and children about using gadgets in terms of the five qualities, openness, empathy, supportiveness, positiveness and equality. This research used descriptive quantitative method which the researcher distributed questioners to collect data and used disproporsional stratified technique sampling. Therefore there are 70 respondent (children’s parents from level 5 SDN Banjarsari, Bandung). Based on the results of this research, it can be concluded that the interpersonal communication of parents and children about using gadgets in terms of quality of openness, empathy, being supportive, positive attitude and equality are included in the high category.
Kehadiran globalisasi membawa pengaruh pada berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih dan inovatif. Salah satu perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang saat ini muncul dikenal dengan nama gadget. Penggunaan gadget di zaman modern ini tidak lagi mengenal status sosial dan usia seseorang, bahkan kita sering menjumpai anak-anak yang tengah asik bermain dengan gadget-nya. Dalam hal ini, tentu tidak terlepas dari peran orang tua yang bertugas untuk mendampingi dan mengawasi anak ketika menggunakan gadget. Dampingan serta pengawasan dari orang tua diperlukan komunikasi antarpribadi agar penyampaian pesan terhadap anak berlangsung efektif sehingga dapat mempengaruhi pemikiran, sikap dan tingkah laku anak.Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi antarpribadi orangtua dan anak dalam penggunaan gadget yang dilihat dari lima kualitas yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan. Metode yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif deskriptif dengan menyebarkan angket dalam mengumpulkan data. Penarikan sampel didasari oleh teknik sampling strata disproporsional (disproporsional stratified sampling) sehingga menghasilkan jumlah responden sebanyak 70 orang yang berasal dari orang tua siswa kelas V SDN Banjarsari, Bandung. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi antarpribadi orangtua dan anak dalam penggunaan gadget dari segi kualitas keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan termasuk dalam kategori tinggi.