Universitas Islam Bandung Repository

MAKNA EMOTICON DALAM MEDIA SOSIAL PATH

Show simple item record

dc.contributor Bidang Kajian Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Unisba
dc.creator Rico, Forza
dc.creator Fuady, M.E
dc.date 2014-12-15
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/157
dc.description Media sosial Path merupakan salah satu media sosial yang banyak diminati oleh penggunanya sebagai tempat berbagi ekspresi atau informasi menggunakan fasilitas yang di sediakan oleh Path seperti menggunggah status, foto, musik, tempat, dll. Salah satu fasilitas yang ada pada media sosial Path yaitu emoticon yang di sediakan untuk mengungkapkan ekspresi yang kita rasakan sebagai tanda respon terhadap suatu unggahan yang dilakukan oleh teman yang ada pada timeline media sosial Path. Emoticon dalam Path tersebut ada lima yaitu smile, laugh, gasped, frowned, dan love. Setiap emoticon merupakan tanda yang memiliki objek dan menimbulkan interpretant pada benak setiap penggunanya, dengan begitu penulis melakukan penelitian mengenai “Makna Emoticon Dalam Media Sosial Path”. Penelitian ini menggunakan study kualitatif dengan pendekatan semiotika yang menggunakan landasan teori segitiga makna C.S. Pierce. Berdasarkan analisa data yang di peroleh melalui observasi, dan diperkuat dengan wawancara oleh empat orang informan, serta studi pustaka sebagai pendukung penelitian ini, emoticon yang di sediakan oleh media sosial Path merupakan emoticon yang mewakili suatu tanda dari ekspresi wajah seseorang yang sering dilakukan sehari-hari. Penggunaan emoticon dalam Path merupakan ungkapan sebuah respon di mana penggunaan emoticon dipilih sesuai emosi dan situasi saat pertukaran pesan non verbal tersebut berlangsung.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/157/pdf
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 1, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2015); 26-32
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 1, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2015); 26-32
dc.source 2460-6510
dc.subject
dc.subject
dc.title MAKNA EMOTICON DALAM MEDIA SOSIAL PATH
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account