Description:
Dalam mengelola komunikasi internal, Public Relations memerlukan media komunikasi internal yang memadai agar lebih efisien dalam penyebaran informasi serta pembentukan citra dan opini publiknya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kegiatan yang dilakukan oleh humas PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten dalam mengelola komunikasi internal jika dilihat dari 4 model komunikasi PR James E. Grunig dan Todd Hunt. Penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Menggunakan data kualitatif dengan cara observasi, wawancara dan dokumen. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 3 orang, diantaranya Deputi Manajer Bidang Komunikasi dan Bina Lingkungan, Spv Humas dan Protokoler, serta staf Komunikasi PT. PLN DJBB. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, dapat diketahui bahwa kegiatan komunikasi internal yang dilakukan oleh humas PT. PLN DJBB tidak ada yang termasuk dalam model agen pemberitaan. Sedangkan untuk model informasi publik ada tiga jenis yakni: family gathering, papan pengumuman, dan intranet. E-mail internal dan Sinergi newsletter adalah media internal yang termasuk dalam model asimetris dua arah. Media morning briefing (coc), coffee morning, live chat, dan video conference sesuai dengan model simetris dua arah.