Description:
Proses komunikasi merupakanhalpenting di dalam setiap kegiatan untuk menunjang keberhasilan sebuah acara. Salah satu acara yang banyak diminati dan diselenggarakan adalah event kuliner Keuken 6 yang diselenggarakan oleh House The House. House The House adalah event organizer dan sebuah kolektif seni desain yang menstrategikan regenarasi urban dan rural melalui teknologi dan desain. Event yang diselenggarakan berupa event kuliner yang dipadukan dengan berbagai pertunjukan musik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi yang dilakukan House The House dalam penyelenggaraan event/kegiatan Keuken 6. Di dalam penelitian ini peneliti meneliti proses komunikasi dan pengorganisasian anggota selama persiapan dan penyelenggaraan acara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studikasus. Studi kasus atau penelitian lapangan dimaksudkan untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan dan posisi saat ini serta interaksi lingkungan unit social tertentu yang bersifat apa adanya (given). Teknik pengambilan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi & kepustakaan. Sumber-Objek &n wilayah penelitian adalah penyelenggara Keuken 6 yaitu pihak panitia dari House the House. Sumber data di dapatkan dari mewawancara panitia mengenai kegiatan yang dilakukan selama acara berlangsung mulai dari persiapan hingga acaranya, sedangkan objek penelitian yaitu proses komunikasi House The House dalam penyelenggaraan event Keuken 6.Dalam proses komunikasi yang dilakukan House The House dalam kegiatan Keuken 6 terdapat hambatan dan faktor pendukung. Hambatan dapat terjadi di dalam kepanitiaan maupun diluar kepanitiaan. Faktor pendukung terselenggaranya Keuken 6 yaitu Ide Acara, Panitia/ SDM, Pengisi Acara, Sponsor, Media, dan Antusias Masyarakat.