Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara Komunikasi Persuasi Owner dengan Keputusan Pembelian Konsumen

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Melyandi, Aurora
dc.creator Ahmadi, Dadi
dc.date 2016-08-11
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/3815
dc.description Abstract.Communications like a breath of human life. Nature as social beings make it will have to interact in order to meet the needs and survival. One of the communication activities performed in daily life practices such as communication in business. In business, the seller would want to attract consumers to buy their products, one example of communication by using a communication persuasion. Communication persuasion is a communication process that aims to influence the thoughts and opinions of others in order to adjust their opinions and desires communicator or a speaker, or a process of communication that invites or induces another person with the aim to change attitudes, beliefs, and opinions as desired speaker. Koprod an example coffee trailer which has the distinction of coffee the other trailer, which is a pioneer coffee Koprod trailer in Bandung. In the business world coffee trailer is also Koprod communication persuasion to promote their products. In doing so, the persuasive communication, Koprod using one of the emerging media used today namely, social media such as Path and Instagram.Study aimed to describe the relationship between the owner of Persuasion Communications with Consumer Purchase Decisions in Koprod.Type of Research is quantitative method with the correlational approach correlational method aims to examine the extent to which variations in the sub variables relating to sub other variables. Relationships are looking for is called correlation. Relationships are sought in this study is, is there a relationship between the owner of persuasion communication with the consumer purchasing decisions in Koprod. Where persuasion communication consists of three processes, namely, the argument messages, signal peripherals, and the involvement of the recipient. And linked to the consumer purchase decision problem recognition, information search, evaluation of alternatives, purchase decision and post-purchase behavior. Research Data were collected through a questionnaire / questionnaire on consumers Koprod of one hundred respondents, interviews with owner koprod as key informants, and literature study that is looking for sources of data from the literature, such as books, journals, etc.Results show that there is a significant relationship between the three processes of persuasion that argument messaging communication, signal receiver peripherals and involvement with various indicators of consumer purchasing decisions in Koprod, where the results obtained researchers based on the results of questionnaires, interviews, and literature study conducted by researchers.Abstrak.Komunikasi layaknya nafas dalam kehidupan manusia. Kodratnya sebagai makhluk sosial membuatnya senantiasa berinteraksi demi memenuhi kebutuhan dan kelangsungan hidupnya . Salah satu kegiatan komunikasi yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari contohnya seperti komunikasi dalam berbisnis. Dalam berbisnis, penjual pasti ingin menarik perhatian konsumen untuk membeli produknya, salah satu contoh komunikasi yang dilakukan adalah dengan menggunakan komunikasi persuasi. Komunikasi persuasi ialah proses komunikasi yang bertujuan mempengaruhi pemikiran dan pendapat orang lain agar menyesuaikan pendapat dan keinginan komunikator atau pembicara, atau proses komunikasi yang mengajak atau membujuk orang lain dengan tujuan untuk mengubah sikap, keyakinan, dan pendapat sesuai keinginan pembicara. Koprod merupakan contoh coffee trailer yang memiliki perbedaan dari coffee trailer lainnya, dimana Koprod merupakan pionir coffee trailer di Bandung . Dalam dunia bisnis coffee trailer ini pun Koprod melakukan komunikasi persuasi untuk mempromosikan produknya. Dalam melakukan kegiatan komunikasi persuasinya itu, Koprod menggunakan salah satu media yang sedang marak digunakan sekarang ini yakni, media sosial seperti Path dan Instagram.. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Hubungan antara Komunikasi Persuasi owner dengan Keputusan Pembelian Konsumen di Koprod. Jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional Metode korelasional bertujuan meneliti sejauh mana variasi pada sub variabel yang berkaitan dengan sub variabel lain. Hubungan yang dicari itu disebut korelasi. Hubungan yang dicari dalam penelitian ini adalah, adakah hubungan antara komunikasi persuasi owner dengan keputusan pembelian konsumen di Koprod. Dimana komunikasi persuasi tersebut terdiri dari tiga proses, yakni, argumen pesan, sinyal periferal, dan keterlibatan penerima. Dan dihubungkan dengan keputusan pembelian konsumen yakni pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian. Data penelitian yang dikumpulkan melalui penyebaran angket/kuisioner pada konsumen Koprod sebanyak 100 responden, wawancara mendalam dengan owner koprod sebagai key informan, dan studi kepustakaan yakni mencari sumber-sumber data dari berbagai literatur seperti, buku, jurnal, dan sebagainya Hasil menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara ketiga proses komunikasi persuasi yakni argumen pesan, sinyal periferal dan keterlibatan penerima dengan berbagai indikator keputusan pembelian konsumen di Koprod, dimana hasil ini didapat peneliti berdasarkan hasil angket, wawancara, dan studi kepustakaan yang dilakukan peneliti.
dc.description Komunikasi layaknya nafas dalam kehidupan manusia. Kodratnya sebagai makhluk sosial membuatnya senantiasa berinteraksi demi memenuhi kebutuhan dan kelangsungan hidupnya . Salah satu kegiatan komunikasi yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari contohnya seperti komunikasi dalam berbisnis. Dalam berbisnis, penjual pasti ingin menarik perhatian konsumen untuk membeli produknya, salah satu contoh komunikasi yang dilakukan adalah dengan menggunakan komunikasi persuasi. Komunikasi persuasi ialah proses komunikasi yang bertujuan mempengaruhi pemikiran dan pendapat orang lain agar menyesuaikan pendapat dan keinginan komunikator atau pembicara, atau proses komunikasi yang mengajak atau membujuk orang lain dengan tujuan untuk mengubah sikap, keyakinan, dan pendapat sesuai keinginan pembicara. Koprod merupakan contoh coffee trailer yang memiliki perbedaan dari coffee trailer lainnya, dimana Koprod merupakan pionir coffee trailer di Bandung . Dalam dunia bisnis coffee trailer ini pun Koprod melakukan komunikasi persuasi untuk mempromosikan produknya. Dalam melakukan kegiatan komunikasi persuasinya itu, Koprod menggunakan salah satu media yang sedang marak digunakan sekarang ini yakni, media sosial seperti Path dan Instagram.. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Hubungan antara Komunikasi Persuasi owner dengan Keputusan Pembelian Konsumen di Koprod. Jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional Metode korelasional bertujuan meneliti sejauh mana variasi pada sub variabel yang berkaitan dengan sub variabel lain. Hubungan yang dicari itu disebut korelasi. Hubungan yang dicari dalam penelitian ini adalah, adakah hubungan antara komunikasi persuasi owner dengan keputusan pembelian konsumen di Koprod. Dimana komunikasi persuasi tersebut terdiri dari tiga proses, yakni, argumen pesan, sinyal periferal, dan keterlibatan penerima. Dan dihubungkan dengan keputusan pembelian konsumen yakni pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian. Data penelitian yang dikumpulkan melalui penyebaran angket/kuisioner pada konsumen Koprod sebanyak 100 responden, wawancara mendalam dengan owner koprod sebagai key informan, dan studi kepustakaan yakni mencari sumber-sumber data dari berbagai literatur seperti, buku, jurnal, dan sebagainya Hasil menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara ketiga proses komunikasi persuasi yakni argumen pesan, sinyal periferal dan keterlibatan penerima dengan berbagai indikator keputusan pembelian konsumen di Koprod, dimana hasil ini didapat peneliti berdasarkan hasil angket, wawancara, dan studi kepustakaan yang dilakukan peneliti.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/3815/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 2, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 964-969
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 2, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 964-969
dc.source 2460-6510
dc.subject Proceedings of Public Relations
dc.subject Communication Persuasion, argument Messages, Peripheral Signals, Engagement Recipient, Consumer Purchase Decision, and Koprod
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Komunikasi Persuasi, Argumen Pesan, Sinyal Periferal, Keterlibatan Penerima, Keputusan Pembelian Konsumen, dan Koprod
dc.title Hubungan antara Komunikasi Persuasi Owner dengan Keputusan Pembelian Konsumen
dc.title Hubungan antara Komunikasi Persuasi Owner dengan Keputusan Pembelian Konsumen
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Qualitative
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account