Showrooms in companies selling products secondhand car constitute: products, price, promotion , distribution, place, are the factors that can influence consumers to consume services offered. Hopefully with a promotional activities that in showrooms doing company that sells secondhand car products will create important response from any it has its consumers. In determining the consumer, who counted mayority is not the amount but the majority of that is effective. Of the majority of this is effective by consumers as a visitor at the exchange cars in secondhand car otobursa TVRI Bandung who come to the place itself. Consumers who visited the cars in otobursa second-hand car purchases TVRI Bandung can be expressed actively and in a passive manner. By consumers as a visitor to the activities of a promotion done car showrooms vans motor can be expressed in a verbal manner, open with words may be interpreted in a clear manner, choices or via the very word smooth and do not directly can be meant connotative manner.
Research objectives which is to know approach, presentation and demonstration, handling objections, and to know closing of sales car showrooms vans motor according to consumer candidates exchange otobursa exhibition second-hand car purchases in TVRI Bandung. Researchers used a method of descriptive that only explained situation or event, not seeking or define the connection, and not test hypotheses. Data collection is done with way of spreading to 67 poll respondents in the sample.Technique sampel a the collection of data processing because the covering is editing activities editing data on and mengkode the coding.
Based on the discussion described, with the existence of the discussion which shows that the promotion car showrooms vans from personal motor selling to potential consumers in the exhibition of secondhand car otobursa TVRI Bandung is good.
Dalam perusahaan showroom menjual produk mobil bekas berupa: Produk, harga, promosi, distribusi, tempat, merupakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi konsumen untuk mengkonsumsi jasa yang ditawarkan. Sehingga dengan adanya kegiatan promosi yang di lakukan perusahaan showroom yang menjual produk mobil bekas akan menciptakan tanggapan penting dari setiap konsumennya. Dalam menentukan konsumen, yang dihitung bukanlah jumlah mayoritasnya namun mayoritas yang efektif. Mayoritas yang efektif ini merupakan kalangan konsumen sebagai pengunjung pada bursa mobil di otobursa mobil bekas TVRI Bandung yang datang ke tempat itu sendiri. Kalangan konsumen yang mengunjungi bursa mobil di otobursa mobil bekas TVRI Bandung dapat dinyatakan secara aktif maupun secara pasif. Kalangan konsumen sebagai pengunjung terhadap kegiatan promosi yang dilakukan showroom mobil Vans Motor dapat dinyatakan secara verbal, terbuka dengan kata-kata yang dapat ditafsirkan secara jelas, ataupun melalui pilihan-pilihan kata yang sangat halus dan tidak secara langsung dapat diartikan konotatif. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui approach, presentation and demonstration, handling objections, dan untuk mengetahui closing dari sales showroom mobil Vans Motor menurut calon konsumen bursa pameran Otobursa Mobil Bekas di TVRI Bandung. Peneliti menggunakan metode deskriptif yang hanya memaparkan situasi atau peristiwa, tidak mencari atau menjelaskan hubungan, dan tidak menguji hipotesis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada 67 responden sebagai sampel. Teknik pengambilan sampelnya pengolahan data (data processing) karena mencakup kegiatan mengedit (editing) data dan mengkode (coding) data. Berdasarkan uraian yang dijelaskan, dengan adanya hasil pembahasan yang menunjukkan bahwa kegiatan promosi showroom mobil Vans Motor dari personal selling kepada calon konsumen bursa pameran otobursa mobil bekas di TVRI Bandung adalah baik