Universitas Islam Bandung Repository

Tanggapan Mahasiswa Mengenai Iklan Layanan Masyarakat di Media Videotron

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Ladika, Anta Reza
dc.creator Drajat, M Subur
dc.date 2016-08-21
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/5153
dc.description Abstract.One of ads is public service announcement. This PSA is ad for social needs. This type of ad is to create or form good government image in front of the public. PSA is intended to provide information and regulations as well as education to public to participate and to perform positive action toward it. Thus, what differentiate commercial ads and  PSA is the purpose and the benefit of it. This research focuses on ‘The Feedback of Students of the Faculty of Communication Bandung Islamic University (Unisba) Force 2013-2014 Concerning Public Service Ads on. Online Integrated Licensing Arrangements in Media Videotron’. Subject of research is PSA on Online Integrated Licensing Arrangements in Media Videotron. The research object is Students of the Faculty of Communication Bandung Islamic University (Unisba) Force 2013-2014. Researcher used descriptive quantitative research methods with the basic theory of AIDA from Kotler and Keller, where researcher is trying to determine the students' responses on public service announcements about online licensing arrangements. If it can make the government's goal to change the form of society that licensing can now be done easily, is reached or not. After its commission research, it was found that the response of the students through four indicators: attention, interest, desire and action on them, Can conclude that the students agree that public service ads on online licensing sucsefully reached government target Because these ads according to respondents already meet all four AIDA's indicators.Abstrak.Salah satu bagian dari iklan adalah Iklan Layanan Masyarakat (ILM). Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang bersifat sosial. Keuntungan iklan ini adalah berusaha untuk mendapatkan atau membentuk citra baik pemerintah di tengah masyarakat. Umumnya iklan layanan masyarakat bertujuan memberikan sebuah informasi dan penerapan serta pendidikan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dan bersikap positif terhadap pesan yang disampaikan. Jadi esensi yang membedakan iklan komersil dengan iklan layanan masyarakat terdapat pada tujuan dan keuntungan yang ingin diraih dan diharapkan oleh pengiklan. Adapun perumusan masalah yang dikemukanan adalah: “Bagaimana Tanggapan Mahasiswa Fakultas Komunikasi Universitas Islam Bandung (Unisba) Angkatan 2013-2014 Mengenai Iklan Layanan Masyarakat Pengurusan Perizinan Online Terpadu Di Media Videotron”. Subjek penelitiannya adalah Iklan Layanan Masyarakat tentang pengurusan perizinan secara Online yang diiklankan melalui media videotron. Objek penelitian dari penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Komunikasi Universitas Islam Bandung (Unisba) angkatan 2013 dan 2014. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan dasar teori AIDA dari Kotler dan Keller, di mana peneliti mencoba untuk mengetahui nagaimana tanggapan para mahasiswa terhadap iklan layanan masyarakat tentang pengurusan perizinan secara online ini. Apakah iklan tersebut dapat membuat tujuan pemerintah yaitu mengubah benak masyarakat bahwa pengurusan perizinan sekarang dapat dilakukan dengan mudah, tercapai atau tidak. Setelah diakukannya penelitian, ditemukan kesimpulam bahwa; tanggapan para mahasiswa melaui keempat indikator yaitu perhatian, ketertarikan, keinginan dan tindakan terhadap iklan tersebut. Dapat simpulkan bahwa para mahasiswa setuju bahwa iklan layanan masyarakat pengurusan perizinan secara online ini dapat membuat tujuan pemertinah tercapai. Karena iklan tersebut menurut responden dirasa sudah memenuhi keempat indikator AIDA dengan baik.
dc.description Salah satu bagian dari iklan adalah Iklan Layanan Masyarakat (ILM). Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang bersifat sosial. Keuntungan iklan ini adalah berusaha untuk mendapatkan atau membentuk citra baik pemerintah di tengah masyarakat. Umumnya iklan layanan masyarakat bertujuan memberikan sebuah informasi dan penerapan serta pendidikan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dan bersikap positif terhadap pesan yang disampaikan. Jadi esensi yang membedakan iklan komersil dengan iklan layanan masyarakat terdapat pada tujuan dan keuntungan yang ingin diraih dan diharapkan oleh pengiklan. Adapun perumusan masalah yang dikemukanan adalah: “Bagaimana Tanggapan Mahasiswa Fakultas Komunikasi Universitas Islam Bandung (Unisba) Angkatan 2013-2014 Mengenai Iklan Layanan Masyarakat Pengurusan Perizinan Online Terpadu Di Media Videotron”. Subjek penelitiannya adalah Iklan Layanan Masyarakat tentang pengurusan perizinan secara Online yang diiklankan melalui media videotron. Objek penelitian dari penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Komunikasi Universitas Islam Bandung (Unisba) angkatan 2013 dan 2014. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan dasar teori AIDA dari Kotler dan Keller, di mana peneliti mencoba untuk mengetahui nagaimana tanggapan para mahasiswa terhadap iklan layanan masyarakat tentang pengurusan perizinan secara online ini. Apakah iklan tersebut dapat membuat tujuan pemerintah yaitu mengubah benak masyarakat bahwa pengurusan perizinan sekarang dapat dilakukan dengan mudah, tercapai atau tidak. Setelah diakukannya penelitian, ditemukan kesimpulam bahwa; tanggapan para mahasiswa melaui keempat indikator yaitu perhatian, ketertarikan, keinginan dan tindakan terhadap iklan tersebut. Dapat simpulkan bahwa para mahasiswa setuju bahwa iklan layanan masyarakat pengurusan perizinan secara online ini dapat membuat tujuan pemertinah tercapai. Karena iklan tersebut menurut responden dirasa sudah memenuhi keempat indikator AIDA dengan baik.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/5153/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 2, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 944-949
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 2, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2017); 944-949
dc.source 2460-6510
dc.subject Proceedings of Public Relations
dc.subject Feedback, Public Service Ads, AIDA
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject Tanggapan, Iklan Layanan Masyarakat, AIDA
dc.title Tanggapan Mahasiswa Mengenai Iklan Layanan Masyarakat di Media Videotron
dc.title Tanggapan Mahasiswa Mengenai Iklan Layanan Masyarakat di Media Videotron
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Qualitative
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account