Abstract:
Komunikasi merupakan bagian dari pelayanan. Kegiatan komunikasi
dalam pelayanan jasa sangat penting dan utama karena dari akibat komunikasi
yang terjadi, hasil kegiatan pelayanan dapat diukur tingkat kesuksesannya
yaitu melalui output atau tanggapan dari para konsumen yang telah
mendapatkan pelayanan tersebut. Proses komunikasi tentu saja berpengaruh
terhadap kualitas pelayanan yang diberikan, baik dalam sebuah instansi
pemerintahan maupun perusahaan. Salah satu instansi pemerintahan yang berada
di Bandung yaitu Museum Geologi. Museum Geologi berupaya menciptakan
kepuasan bagi pengunjung untuk memberikan pelayanan publik yang baik dan
profesional. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahu pelayanan komunikasi
Museum Geologi dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Wisatawan.
Tujuan dari penelitian ini, penulis ingin mengetahui bagaimana Museum
Geologi memberikan pelayanan penyediaan jasa (Tangibles) dalam upaya
meningkatkan kepuasan wisatawan, bagaimana Museum Geologi menyampaikan
jasa secara tepat (Reliability) dalam upaya meningkatkan kepuasan wisatawan,
bagaimana Museum Geologi menanggapi kritik dan saran pengunjung
(Responsiveness) dalam upaya meningkatkan kepuasan wisatawan, bagaimana
Museum Geologi membangun kepercayaan pengunjung (Assurance) dalam upaya
meningkatkan kepuasan wisatawan dan bagaimana Museum Geologi bersikap adil
(Emphaty) terhadap pengunjung dalam upaya meningkatkan kepuasan wisatawan.
Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan pendekatan Analisis
Deskriptif. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif karena penelitian
ini mempunyai tujuan untuk mengetes pertanyaan penelitian yang berkaitan
dengan keadaan dan kejadian sekarang sehingga dapat menggambarkan secara
sistematis fakta dan karakteristik objek atau subjek yang diteliti secara tepat.
Hasil peneliian diketahui bahwa pelayanan komunikasi berpengaruh
terhadap kepuasan pengunjung. Teori SERVQUAL membuktikan bahwa
pelayanan yang diberikan Museum Geologi meningkatkan kepuasan wisatawan
terutama guru-guru dari SMP yang mendampingi siswa-siswinya.