Universitas Islam Bandung Repository

Model Perhitungan Estimasi Keuntungan Penjualan Susu Kemasan dengan Menggunakan Gabungan Metode Fuzzy C-Means dan Sugeno Orde-Satu

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Wulan Sari, Rima Tri
dc.creator Suhaedi, Didi
dc.creator Harahap, Erwin
dc.date 2016-08-11
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/matematika/article/view/4591
dc.description Dunia bisnis adalah dunia yang selalu dinamis dan penuh persaingan. Para pebisnis harus memikirkan cara-cara untuk survive. Salah satu aktivitas bisnis yang dimaksud adalah penjualan produk di swalayan. Kebutuhan-kebutuhan bisnis swalayan dapat dipenuhi dengan menjalankan strategi pemasaran, salah satunya adalah ketersediaan barang yang dibutuhkan. Clustering keuntungan penjualan dapat dijadikan sebagai salah satu landasan pengambilan kebijakan dalam masalah persediaan barang dan peningkatan penjualan. Implementasi clustering yang dilakukan dengan Fuzzy C-Means menggunakan data penjualan susu kemasan di suatu swalayan pada bulan Desember 2015. Cluster yang dibentuk pada data tersebut adalah sebanyak empat cluster. Cluster-cluster data penjualan tersebut dijadikan landasan untuk menentukan estimasi keuntungan penjualan melalui fuzzy inference system sugeno orde-satu. Estimasi keuntungan penjualan yang diperoleh (Rp. 134.015.186,64) lebih tinggi  dari keuntungan yang sebenarnya (Rp. 128.282.814,00), dengan  error perhitungan estimasi sebesar 4,47 %. Hal ini menunjukan bahwa model perhitungan estimasi keuntungan dianggap relatif baik. Berdasarkan model perhitungan estimasi diperoleh bahwa cluster 1 adalah cluster yang memiliki estimasi keuntungan penjualan tertinggi, sehingga ketersediaan produk susu yang diprioritaskan adalah produk susu pada cluster1. The business world is the world which always dynamic and full of competition. Entrepreneurs mustthink many ways to survive. One of the intended business activities is product sales in supermarkets. Supermarkets business requirements can be fulfilled by running the marketing strategy, one of them is availability product requirement. Clustering sales profit are part of being one of base for making a policy in inventories problems and sales increase. Clustering implementation is conducted by Fuzzy C-Means method to the data of milk packaging sales in one of supermarket in December 2015. The clustersthat formed based on thedata are four clusters. The clusters become a foundationtodetermine the sales profit estimation that conducted by fuzzy inference system one-order sugeno. The estimation of the sales profits that are obtained (IDR 134,015,186.64)is higher than theactual profits (IDR 128,282,814.00), where the error calculation ofestimation is at 4.47%. This shows that the calculation of estimation model are considered to be relatively well. Based on calculation of estimation, obtained that cluster 1 is the highest sales profit estimation.Therefore,the availability of milk product which beprioritized arethe milk productsin cluster 1.
dc.description Dunia bisnis adalah dunia yang selalu dinamis dan penuh persaingan. Para pebisnis harus memikirkan cara-cara untuk survive. Salah satu aktivitas bisnis yang dimaksud adalah penjualan produk di swalayan. Kebutuhan-kebutuhan bisnis swalayan dapat dipenuhi dengan menjalankan strategi pemasaran, salah satunya adalah ketersediaan barang yang dibutuhkan. Clustering keuntungan penjualan dapat dijadikan sebagai salah satu landasan pengambilan kebijakan dalam masalah persediaan barang dan peningkatan penjualan. Implementasi clustering yang dilakukan dengan Fuzzy C-Means menggunakan data penjualan susu kemasan di suatu swalayan pada bulan Desember 2015. Cluster yang dibentuk pada data tersebut adalah sebanyak empat cluster. Cluster-cluster data penjualan tersebut dijadikan landasan untuk menentukan estimasi keuntungan penjualan melalui fuzzy inference system sugeno orde-satu. Estimasi keuntungan penjualan yang diperoleh (Rp. 134.015.186,64) lebih tinggi  dari keuntungan yang sebenarnya (Rp. 128.282.814,00), dengan  error perhitungan estimasi sebesar 4,47 %. Hal ini menunjukan bahwa model perhitungan estimasi keuntungan dianggap relatif baik. Berdasarkan model perhitungan estimasi diperoleh bahwa cluster 1 adalah cluster yang memiliki estimasi keuntungan penjualan tertinggi, sehingga ketersediaan produk susu yang diprioritaskan adalah produk susu pada cluster1. 
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/matematika/article/view/4591/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Matematika
dc.source Prosiding Matematika; Vol 2, No 2, Prosiding Matematika (Agustus, 2016); 150-157
dc.source Prosiding Matematika; Vol 2, No 2, Prosiding Matematika (Agustus, 2016); 150-157
dc.source 2460-6464
dc.subject Proceedings of Mathematics
dc.subject Cluster, Fuzzy C-Means, Profits, Sugeno.
dc.subject Matematika
dc.subject Cluster, Fuzzy C-Means, Keuntungan, Sugeno.
dc.title Model Perhitungan Estimasi Keuntungan Penjualan Susu Kemasan dengan Menggunakan Gabungan Metode Fuzzy C-Means dan Sugeno Orde-Satu
dc.title Model Perhitungan Estimasi Keuntungan Penjualan Susu Kemasan dengan Menggunakan Gabungan Metode Fuzzy C-Means dan Sugeno Orde-Satu
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Quantitative
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account