Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Kualitatif dalam Menentukan Besaran Kehilangan Surplus Konsumen dan Surplus Produsen yang Diakibatkan oleh Pajak Spesifik dan Pajak Proporsional) (Qualitative Analysis in Determining the Amount of Loss of Consumer Surplus and Producer Surplus caused by the Specific Tax and Proportional Tax)

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Riantika, Ririn
dc.creator Kurniati, Eti
dc.creator Gunawan, Gani
dc.date 2016-08-11
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/matematika/article/view/4651
dc.description Harga pasar adalah harga keseimbangan yang terjadi antara jumlah permintaan dan jumlah penawaran terhadap suatu barang. Salah satu yang berpengaruh terhadap keseimbangan pasar adalah pajak, baik yang berupa pajak spesifik maupun pajak proporsional. Adanya pengenaan pajak akan mengakibatkan kenaikan harga. Salah satu akibat dari kenaikan harga adalah berkurangnya nilai surplus konsumen dan surplus produsen. Permasalahannya adalah bagaimana menentukan kehilangan surplus konsumen dan surplus produsen. Jika digunakan pendekatan numerik akan sulit dilakukan. Oleh karena itu tujuan dari penulisan ini adalah menentukan besaran kehilangan surplus konsumen dan surplus produsen melalui analisis kualitatif pada kurva permintaan dan kurva penawaran non linier. Hasil yang diperoleh adalah bahwa pengenaan pajak spesifik maupun pajak proporsional secara matematis menyebabkan titik keseimbangan pasar bergeser ke kiri yang mengakibatkan kenaikan pada harga keseimbangan yang lebih kecil dibanding harga keseimbangan sebelumnya ditambah pajak, sehingga sebagian pajak yang dikenakan pada konsumen ditanggung oleh produsen. Dalam kasus permintaan dan penawaran terhadap barang yang bersifat non linier perhitungan besarnya kehilangan surplus konsumen dan surplus produsen dilakukan melalui perhitungan integral. The market price is the price balance that occurs between the number of requests and the number of a good offer. One of the effect on market balance is tax, either in the form of specific tax or a proportional tax. The presence of taxation will lead to price increases. One result of the price increase is the reduction of the value of consumer surplus and producer surplus. The problem is how to determine the loss of consumer surplus and producer surplus. If used numerical approach would be difficult to do. Therefore the purpose of this writing is  to determine the amount of loss of consumer surplus and producer surplus through a qualitative analysis on demand and supply curves are curves of non linear. The result is that the imposition of specific taxes or proportional tax mathematically lead to market equilibrium point is shifted to the left which resulted in an increase in the price of a smaller balance than the previous equilibrium price plus taxe, so most of the taxes imposed on consumers covered by manufacturer. In the case of supply and demand for goods that are non-linear calculation of the loss of consumer surplus and producer surplus carried through integral calculation.
dc.description Harga pasar adalah harga keseimbangan yang terjadi antara jumlah permintaan dan jumlah penawaran terhadap suatu barang. Salah satu yang berpengaruh terhadap keseimbangan pasar adalah pajak, baik yang berupa pajak spesifik maupun pajak proporsional. Adanya pengenaan pajak akan mengakibatkan kenaikan harga. Salah satu akibat dari kenaikan harga adalah berkurangnya nilai surplus konsumen dan surplus produsen. Permasalahannya adalah bagaimana menentukan kehilangan surplus konsumen dan surplus produsen. Jika digunakan pendekatan numerik akan sulit dilakukan. Oleh karena itu tujuan dari penulisan ini adalah menentukan besaran kehilangan surplus konsumen dan surplus produsen melalui analisis kualitatif pada kurva permintaan dan kurva penawaran non linier. Hasil yang diperoleh adalah bahwa pengenaan pajak spesifik maupun pajak proporsional secara matematis menyebabkan titik keseimbangan pasar bergeser ke kiri yang mengakibatkan kenaikan pada harga keseimbangan yang lebih kecil dibanding harga keseimbangan sebelumnya ditambah pajak, sehingga sebagian pajak yang dikenakan pada konsumen ditanggung oleh produsen. Dalam kasus permintaan dan penawaran terhadap barang yang bersifat non linier perhitungan besarnya kehilangan surplus konsumen dan surplus produsen dilakukan melalui perhitungan integral.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/matematika/article/view/4651/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Matematika
dc.source Prosiding Matematika; Vol 2, No 2, Prosiding Matematika (Agustus, 2016); 180-186
dc.source Prosiding Matematika; Vol 2, No 2, Prosiding Matematika (Agustus, 2016); 180-186
dc.source 2460-6464
dc.subject Proceedings of Mathematics
dc.subject Consumer Surplus, Producer Surplus, Specific Tax, Proportional Tax.
dc.subject Matematika
dc.subject (Surplus Konsumen, Surplus Produsen, Pajak Spesifik, Pajak Proporsional) (Consumer Surplus, Producer Surplus, Specific Tax, Proportional Tax)
dc.title Analisis Kualitatif dalam Menentukan Besaran Kehilangan Surplus Konsumen dan Surplus Produsen yang Diakibatkan oleh Pajak Spesifik dan Pajak Proporsional) (Qualitative Analysis in Determining the Amount of Loss of Consumer Surplus and Producer Surplus caused by the Specific Tax and Proportional Tax)
dc.title Analisis Kualitatif dalam Menentukan Besaran Kehilangan Surplus Konsumen dan Surplus Produsen yang Diakibatkan oleh Pajak Spesifik dan Pajak Proporsional) (Qualitative Analysis in Determining the Amount of Loss of Consumer Surplus and Producer Surplus caused by the Specific Tax and Proportional Tax)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type qualitative
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account