Universitas Islam Bandung Repository

Relationship Marketing Dalam Mengembangkan Objek Wisata (Studi Kasus Pada Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi/ Papsi Geopark Ciletuh Sukabumi)

Show simple item record

dc.contributor.author Oktaviani, Femi
dc.date.accessioned 2017-02-13T02:46:17Z
dc.date.available 2017-02-13T02:46:17Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/8283
dc.description.abstract Penelitian ini berangkat dari semakin banyaknya sektor pariwisata yang mampu mensejahterakan masyarakat serta mampu menyumbangkan pada pembangunan nasional, salah satu sektor pariwisata yang memiliki potensi besar untuk berkembang dan berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat adalah objek wisata Geopark Ciletuh yang dikembangkan oleh PAPSI sebagai penggerak objek wisata tersebut, pemilihan PAPSI sebagai objek penelitian dengan pertimbangan PAPSI berperan dalam pengembangan objek wisata yang memiliki keunikan yang tidak ditemukan di tempat yang lain, yaitu Pertama: memiliki bebatuan yang berumur paling tua di Pulau Jawa, sangat langka, menarik untuk dilihat serta eksotis untuk dipandang. Kedua: kawasan objek wisata Ciletuh memiliki kekayaan alam berupa keragaman geologi (geological diversity), keragaman hayati (biological diversity) dan keragaman budaya (Cultural diversity). Penelitian ini mengkaji tentang bentuk relationship marketing, kepercayaan dan komitmen yang dibangun, media komunikasi yang digunakan, hambatan yang dihadapi serta alasan dilakukan “Exploring Ciletuh” oleh PAPSI dalam mengembangkan objek wisata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif paradigma konstruktivisme dengan pendekaan studi kasus serta menggali informasi dari key informan yaitu Ketua PAPSI dan bagian Pemasaran PAPSI. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga bentuk relationship marketing yaitu customer service, loyalty program dan community building; kepercayaan dibangun dengan mendata para pengunjung serta guide professional ; komitmen dilakukan dengan adanya kerjasama berbagai pihak serta menerima saran dan masukannya ; media yang digunakan yaitu jejaring internet (website, blog, media social) ; hambatannya adalah Sumber Daya Manusia yang tidak mumpuni dan minimnya dukungan dari berbagai pihak serta anggaran yang minim ; alasan dilakukan “exploring Ciletuh” adalah untuk sosialisasi dan pemasaran. en_US
dc.publisher Program Pascasarjana Universitas Islam Bandung en_US
dc.subject Relationship Marketing dan Objek wisata Geopark Ciletuh. en_US
dc.title Relationship Marketing Dalam Mengembangkan Objek Wisata (Studi Kasus Pada Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi/ Papsi Geopark Ciletuh Sukabumi) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account