Abstract:
Media televisi memiliki esensi pendidikan, informasi, sekaligus hiburan,
namun yang sering terjadi adalah bahwa aspek hiburan lebih mendapatkan porsi
yang lebih dibandingkan aspek informasi dan pendidikan. Sehubungan dengan itu
maka pengetahuan penonton atas program edukasi yang ditayangkan media
televisi akan sangat berbeda-beda, hal ini dapat berhubungan dengan motif dari
masing-masing penonton itu sendiri.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motif
menonton tayangan Olimpiade Indonesia Cerdas dengan pengetahuan siswa SMA
Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
survey eksplanatif yang bersifat asosiatif yaitu menjelaskan hubungan
(korelasional) antar variabel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah penelitian lapangan dengan menggunakan angket. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas 2 SMA di Kota Bandung dengan jumlah sampel
sebanyak 55 orang dan penarikan sampel dilakukan secara acak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara motif menonton
tayangan Olimpiade Indonesia Cerdas dengan pengetahuan siswa ternyata terbukti
memiliki hubungan yang positif dan signifikan. Artinya ada hubungan
korelasional antara kedua variabel tersebut, meningkatnya motif untuk menonton
tayangan OIC berdampak pada peningkatan pengetahuan siswa baik pengetahuan
dalam materi pelajaran tertentu maupun pengetahuan umum.